caption trialgame

Jangan Lupa Rawat Komponen Ini di Motor Trail Vintage

Saturday, 7 March 2020

 


Tidak sedikit para penggemar motor trail yang merestorasi motor trail vintage miliki mereka agar tampil up to date tapi masih memiliki nilai nostalgia yang tidak tergantikan. Faktor nostalgia memang menjadi faktor utama para pemilik motor trail masih tidak rela berpisah dengan tunggangan lawas mereka, kendati di garasi sudah terdapat motor trail rilisan terbaru.

Bagi Anda yang masih menyimpan motor trail vintage Anda atas nama kenangan, kami sarankan untuk melakukan beragam perawatan dan pengecekan pada beberapa komponen. Maklum saja jam terbang tinggi membuat komponen ini semakin rentan diserang kerusakan.

Oli, beragam filter yang terdapat pada mesin motor trail, serta bagian-bagian penting dari mesin motor Anda memang memiliki usia pakai. Tapi jangka waktu usia pemakaian komponen-komponen tadi bisa diprediksi. Ada beberapa bagian komponen motor trail yang memang lebih tahan lama dibandingkan yang lain, sehingga terkadang kita melupakannya, sampai komponen itu mengalami kerusakan. Apa saja sih itu? Simak ulasannya ya.

Yang pertama kali harus dicek adalah bearing, atau yang biasa disebut dengan nama klaher di Indonesia, jika dilumasi dengan benar akan bertahan dalam jangka waktu yang amat lama. Sakit awetnya komponen ini, sebagian besar orang lupa akan perawatan padanya. Ada beberapa tempat dimana klaher menentukan performa motor trail Anda seperti, steering beraring, swingarm bearing, wheel bearing dan linkage bearing.

Jika komponen ini rusak maka, biasanya akan terdengar suara kasar dan sulit untuk mengendalikan motor trail. Melumasi seluruh klaher dengan rutin tentu akan membuatnya awet. Dan jika motor trail Anda telah berusia lebih dari 10 tahun, dan belum pernah mengalami penggantian bearing. Kami sarankan untuk menuju bengkel terdekat dan mengganti semua bearing yang ada pada tunggangan Anda.

Motor trail lawas biasanya masih menggunakan karburator oleh karena jangan lupa melakukan pengecakan pada seal-nya. Komponen ini memilik bentuk seperti cincin, dan jika Anda belum pernah menggantinya dari pertama kali sejak memiliki motor sebaiknya segera lakukan. Seal ini menutup celah antara mangkuk carb dan mangkuk float yang ada di karburator. Jika seal ini bocor maka bahan bakar bisa membanjiri karburator motor trail Anda.

Dan yang paling sering dilupakan adalah minyak rem. yup, komponen ini juga sering diabaikan oleh para pengguna motor trail. Jika dirasa masih layak digunakan, tidak banyak yang mengganti minyak rem. Tapi jika minyak rem motor trail Anda sudah terlihat kotor, kami sarankan untuk segera menggantinya ya. Kotoran yang ada di pada minyak, bisa menyumbat dan membuat kinerja rem terganggu. Dan jika hal ini terjadi akan amat sangat membahayakan lho.

 

 

comments

`