caption trialgame

Jangan Panik Kalo Temperatur Motor Trail Panas

Friday, 27 March 2020

 

Motor Trail di atas 150cc keluaran terbaru, biasanya menggunakan liquid sebagai pendingin mesinnya. Maklum saja, semakin besar power mesin maka semakin panas pula temperaturnya. Pada motor trail yang menggunakan sistem pendingin liquid, radiator berfungsi sebagai media pendingin. Jika fungsi komponen ini tidak optimal maka sudah pasti motor akan mengalami overheat.

Pada motor trail yang tidak memiliki indikator mesin overheat pada dashboardnya, ada beberapa tanda-tanda yang bisa dicermati. . Yang pertama biasanya adalah kehilangan tenaga. Tarikan motor trail terasa berat kendati Anda sudah menarik dalam-dalam tuas gas. Kemudian perhatikan apakah ada cairan yang menetes? Jika ada berarti ada kebocoran yang terjadi.

Hal lain yang biasanya menyusul adalah paking mesin menjadi terasa panas dan terdengar suara ‘tiktik’ dari dalam mesin karena oli yang terbakar akibat suhu yang panas. Jika Anda mencium bau harum, itu biasanya terjadi karena cairan pendingin yang mulai menguap dari dalam radiator. Jika terjadi biasanya akan disusul oleh keluarnya uap. Jika Anda tetap membiarkan, maka ukuran piston akan membesar dan tidak akan kembali pada ukuran sebenarnya.

Bila terjadi kondisi seperti di atas, jangan panik, segeralah tepikan motor Anda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian tutup radiator. Pada bagian ini biasanya karet sealnya mudah mengalami getas atau robek.

Jika kondisi tutup radiator bagus hendaknya melihat kondisi cairan pendingindi radiator dan tabung reservoir apakah ada atau tidak. Jika ternyata kurang, segera tambahkan dengan coolant yang mereknya sama. Namun jika dalam kondisi terdesak gunakan air mineral untuk menambahkan cairan tersebut ya. Biasanya jarang memang yang membawa coolant cadangan jika sedang berpetualang.

Oh iya jangan menambahkan coolant denga merk yang berbeda ya karena dikhawatirkan memiliki jenis senyawa berbeda yang malah bikin kerak pada radiator. Air mineral bersifat netral dan lebih sedikit mengandung mineral dibanding air biasa yang punya mineral sangat tinggi.

Jika semua langkah pertolongan pertama tadi tadi sudah dilakukan namun temperatur motor trail dirasa masih panas, sebaiknya segera kuras radiator. Dengan melakukan hal ini Anda bisa mengetahui apakah radiator tersebut hanya kotor atau jangan-jangan malah sudah bocor.

comments

`