caption trialgame

Jangan Pusing Memilih Jaket Adventure

Thursday, 18 July 2019

   Jaket memang bukan perlengkapan utama bermotor trail, namun maraknya kegiatan dual sport di tanah air, membuatnya menjadi riding gear yang harus Anda miliki. Fungsi jaket sendiri selain melindungi dari terpaan angin serta menghangatkan tubuh, yaitu untuk mencegah terjadinya cedera pada bagiah tubuh saat terjadi kecelakaan.

   Anda bisa menggunakan beragam jenis jaket yang sesuai selera, tapi tentu yang tepat adalah jaket yang dirancang untung kegiatan ekstrem. Tapi perlu diingat jangan memilih jaket yang bisa membebani tubuh Anda, salah-salah bukan merasa terlindungi malah membuat lelah.

   Saat ini ada banyak jenis jaket untuk dual sport adventure yang beredar, namun yang melalui tulisan ini kami akan mencoba mengangkat beberapa jaket adventure produksi dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan jaket import, dan tentu saja dengan harga yang lebih bersahabat.

   Yang pertama adalah merk A1AM Gear, yang memilii dua jenis produk yaitu Deffender dan Vektor. Jaket tipe Deffender menggunakani bahan Cordura D400 pada bagian luar, sedangkan pada bagian dalam menggunakan bahan Mesh sehingga diharapkan bisa nyaman saat digunakan untuk riding. Kantong yang ada pada jaket ini tergolong banyak. Setidaknya ada empat kantong di bagian depan, satu kantong di bagian dalam jaket, dan satu kantong besar di bagian belakang. Sebagai fitur keamanan, jaket ini sudah dilengkapi dengan protektor pada bagian siku, bahu, dan punggung sekaligus. Agar sirkulasi udara cukup baik, A1AM GEAR menyematkan dua sistem airflow pada bagian depan dan dua lagi pada bagian belakang.

   Sementara itu, tipe Vektor pada dasarnya menggunakan bahan yang sama persis dengan Deffender, yaitu berupa Cordura D400 pada bagian luar dan Mesh pada bagian dalam. Perbedaan terlihat hanya pada desainnya saja, di mana jaket ini memiliki empat kantong depan yang menonjol, sedangkan pada tipe Deffender yang sama-sama memiliki empat kantong depan hanya dua kantong saja yang menonjol. Selain empat kantong di bagian depan, tipe Vector juga memiliki satu kantong di bagian dalam dan satu kantong besar di bagian belakang.

   Produsen lokal lainnya yang menyediakan jaket adventure adalah Respiro. Brand ini juga mememiliki dua jenis jaket adventure yaitu Nusantara dan Journey. Tipe Nusantaridermenggunakan bahan dasar luar berupa Cordura D100 dengan PU coating 15 micron, sedangkan pada bagian dalam menggunakan bahan Mesh yang lembut.Berbagai fitur telah dimiliki jaket ini, seperti protektor pada bagian siku dan pundak, windproof, input-output untuk sirkulasi udara, dan waterproof. Tipe ini memiliki empat kantong menonjol di bagian luar, enam kantong di bagian dalam, dan satu kantong besar di belakang.

   Sementara itu tipe Journeymemiliki model yang cukup mirip dengan tipe. Perbedaan terjadi hanya pada bagian kantong saja. Hanya dua dari empat kantong depan di Journey yang menonjol, sedangkan empat kantong depan pada tipe Nusantaridemenonjol semuanya. Bahan dan fitur yang disematkan pada juga sama persis dengan tipe Nusantaride.

   Yang terakhir adalah Eiger. Brand lokal ini terkenal untuk produk outdoor gear mereka, dan salah satu produknya adalah Eiger Outride Explorer yang memang didesain untuk keperluan riding adventure. Jaket ini terbuat dari bahan yang terdiri dari tiga lapisan. Lapisan pertama dibekali material waterproof namun tetap mampu memberikan sirkulasi udara atau disebut REISSA. Tak hanya itu, lapisan terdalam ini juga menjaga temparatur tubuh ketika berkendara, serta menjamin tubuh tetap kering. Selanjutnya lapisan kedua yang merupakan air jacket layer yang memberikan kenyamanan akan sirkulasi udara dan membuang panas tubuh yang berlebih, sehingga menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Lapisan ketiga adalah lapisan terluar yang dilengkapi material polyester sehingga ketika terjadi gesekan tidak mudah tergores. Seluruh lapisan dapat diurai sesuai kebutuhan, misalnya untuk berkendara di dalam kota maka lapisan terdalam dapat dilepas.

   Sebagai piranti keselamatan, jaket ini sudah dilengkapi dengan protektor CE certified pada bagian siku, pundak, dan punggung. Di bagian dada juga ada protektornya untuk melindungi badan dari terpaan angin. Fitur yang tak kalah memikat adalah hydroflash compartment sebagai tempat untuk menaruh waterblader. Dengan adanya fitur ini, rider bisa minum kapan pun ketika riding sehingga terhindar dari dehidrasi yang bisa menurunkan stamina tubuh.

comments

`