caption trialgame

Jangan Ragu Ganti Liquid Coolant Sendiri

Wednesday, 8 April 2020

 

Untuk mengatasi rasa jenuh bagi mereka yang sedang bekerja di rumah, kami akan terus memberikan artikel-artikel menarik yang bisa membantu Anda untuk mengisi waktu dengan bermanfaat. Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara mengganti atau menambahkan liquid coolant pada motor trail yang memiliki radiator.

Menguras, membersihkan dan menambah cairan radiator terdengar seperti sebuah tugas rumit padahal hal ini adalah salah satu tugas termudah dalam perwatan motor trail Anda dan bisa dilakukan di rumah tanpa perlu membawa motor trail Anda ke bengkel.

Mengganti liquid coolant atau cairan pendingin biasanya hanya dilakukan satu tahun sekali. Prosesnya kurang lebih sama seperti mengganti oli yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu bantuan seorang mekanik profesional. Namun perlu Anda ingat, menguras atau hanya mengganti cairan pendingin radiator memerlukan waktu yang sedikit lebih lama karena Anda harus menunggu hingga mesin tidak panas.

Sebelumnya persiapkan beberapa alat seperti ember atau tempat penampung cairan, corong, kunci ukuran 8 atau 10mm, sarung tangan plastik, dan tentu saja cairan pendingin baru. Oh iya karena Anda akan menghadapi cairan, alangkah lebih baiknya untuk menyiapakn tisu atau kain lap, jadi kalo ada yang tercecer bisa langsung membersihkannya. Pastikan kondisi mesin motor trail Anda dalam keadaan dingin saat akan mengganti liquid coolant karena jika masih dalam keadaan panas akan mengakibatkan kerusakan pada bagian mesin.

Tempatkan ember dibawah mesin motor anda untuk menampung cairan pendingin lama. Longgarkan dan lepaskan penutup bawah radiator yang biasanya terletak dibagian depan mesin motor dan berada di dekat kopling, dengan menggunakan kunci 8 atau 10.

Setelah Anda lepaskan penutup bawah radiator, perhatikan sebuah seal yang terbuat dari tembaga, jangan sampai hilang dan simpan baik-baik. Cairan lama akan segera keluar namun tidak akan keluar dengan lancar. Untuk melancarkan cairan tersebut, anda perlu membuka katup radiator motor Anda. Tapi jangan membuka katup radiator anda jika belum membuka penutup bawah radiator, karena kami jamin cairan akan menyembur ke segala arah.

Segera setelah seluruh liquid coolant lama sudah keluar, kini langkah selanjutnya adalah memutuskan apa perlu untuk menguras terlebih dahulu radiator Anda. Jika Anda rutin mengganti cairan pendingin anda maka kemungkinan besar Anda tidak perlu melakukan proses pengurasan. Anda perlu melakukan proses pengurasan jika Anda ingin mengganti merek atau jenis cairan pendingin yang berbeda dari yang biasa anda gunakan.

Gunakan cairan penguras yang direkomendasikan untuk mesin motor Anda. Pasang kembali penutup bawah radiator Anda, kemudian masukan cairan penguras melualu katup radiator dan kencangkan katup tersebut. Setelah itu nyalakan motor Anda, tunggu sampai mesin ada panas, kemudian matikan dan dinginkan mesin.

Lakukan ulang seluruh proses pengurasan dan setelah itu Anda siap menuangkan cairan pendingin ke radiator motor Anda. Ingat jangan menggunakan cairan pendingin untuk mobil, gunakan cairan pendingin khusus untuk motor trail.

Setelah proses pengurasan selesai tuangkan cairan liquid coolant yang baru ke dalam radiator, jangan sampai berlebih. Setelah itu tutup katup radiator dan panaskan kembali motor Anda. Anda bisa mencek kembali apakah perlu untuk menambahkan cairan pendingin, namun jangan lupa ya, tunggu mesin dingin untuk melakukan pengecekannya ya..

 

comments

`