caption trialgame

Jangan Sembarangan Ganti Knalpot After Market!

Wednesday, 6 January 2021

Jangan Sembarangan Ganti Knalpot After Market!


Salah satu modifikasi yang sering dilakukan untuk mengangkat performa mesin adalah dengan mengganti knalpot standar bawaan pabrik dengan knalpot after market atau biasa disebut dengan nama knalpot racing. Ada anggapan umum mengganti knalpot standar sepeda motor dengan knalpot racing model free-flow akan mendongkrak performa mesin. Suara yang dihasilkan juga lebih nyaring, yang menurut para pemuja kecepatan membuat mereka lebih bergairah saat berkendara.

Berbeda dengan knalpot orisinal pabrikan yang memiliki banyak sekat di silencer, membuat volume gas buang yang keluar menjadi minim. Namun, tentunya pabrikan menyesuaikan setelan mesin dengan ukuran knalpot standar. Knalpot free-flow mampu mengoptimalkan sirkulasi gas buang dari silender mesin. Tapi ternyata penggantian ini tidaklah memiliki manfaat besar, jika ternyata motor trail yang Anda gunakan masih menggunakan mesin standar bawaan pabrik.

Mesin pada motor trail sudah didesain sedemikian rupa., sehingga bagian gas pembuangan yang tersalurkan lewat lobang knalpot pada mesin motor trail tidak hanya sekedar dibuang begitu saja. Lubang yang didesain pada knalpot sudah didesain agar  lubang tersebut bisa digunakan untuk mengatur daya mesin yang dihasilkan saat mesin bekerja.

Gas yang dibuang lewat saluran knalpot motor trali terutama yang menggunakan mesin 4 tak, tidak serta merta dilepas langsung ke udara bebas, akan tetapi ada sebagian lagi yang masih tertahan dalam bagian ruang knalpot. Hal itu ditujukan untuk menjaga agar tenaga yang dihasilkan tidak terbuang bersamaan dengan keluarnya gas pembuangan.  

Jika Anda memasang knalpot racing pada motor trail yang menggunakan mesin standar maka hal ini justru akan membebani mesin motor. Hal ini  akan membuat  piston dan klep akan cepat aus karena gas semuanya terbuang keluar semuanya secara langsung tanpa ada gas sisa yang menjadi penghambat tenaga yang dihasilkan mesin muntah keluar. Sedangkan gas sisa pembakaran yang tertampung dalam ruang knalpot tersebut sangat berarti untuk menghambat keluarnya tenaga dengan percuma

Efeknya tidak langsung dirasakan namun mesin motor trail Anda akan lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar dan mesin menjadi cepat panas, seiring dengan berjalannya waktu.  Memasang knalpot racing harus diimbangi dengan modifikasi mesin seperti  porting polish, mengubah celah klep, dan perbesar spuyer. Jadi jangan sembarang main ganti dengan knalpot racing ya.

 

comments

`