caption trialgame

Kawasaki Luncurkan Motor Trail Bermesin Tanggung!

Wednesday, 11 May 2022

Kawasaki Luncurkan Motor Trail Bermesin Tanggung!


Motor Trail Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki, merupakan salah satu pabrikan yang konsisten meluncurkan motor trail setiap tahunnya di Indonesia. Pabrikan ini rutin merilis versi terbaru motor trail mereka di kelas 150cc dan 250cc, namun baru tahun ini mereka memutuskan untuk merilis motor trail dengan kubikasi mesin 230cc.

Kawasaki merilis dua jenis motor trail bermesin 230cc yaitu KLX230 dan KLX230R. Perbedaan dari dua tipe itu ada di bagian penggunaan, di mana KLX 230 dibekali dengan lampu dan panel instrumen sehingga laik dikendarai di jalan raya. Sementara, KLX 230R khusus melibas tanah saja.

Sesuai namanya, motor yang sah digunakan di jalan raya ini dibekali mesin satu silinder dengan kapasitas 233cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 19 daya kuda, dan torsi 20,6 Newton meter. KMI berencana menghadirkan versi baru dari KLX 230R, unit akan mulai tersedia pada akhir bulan ini.

Apa yang membedakan jenis terbaru ini dengan produksi tahun sebelumnya ? yang pertama adalah  posisi jok yang lebih rendah, sehingga lebih memudahkan bagi postur orang indonesia yang memiliki tinggi 165-170cm untuk mengendarainya.  Suspensi depan memiliki diameter 37 milimeter, dan belakang mengadopsi desain lengan ayun tunggal Uni Trak dengan peredam kejut yang bisa diatur tingkat kekerasannya. Kedua roda dibekali sistem pengereman cakram

Sementara itu, Kawasaki tetap mempertahankan warna andalannya yakni lime green, yang memang menjadi ciri khas mereka sejak lama. Tidak ada ubahan spesifikasi pada mesin, kompresinya masih tetap 9,4 berbanding satu sehingga bisa menggunakan bensin berkualitas rendah saat kondisi darurat.

KLX 230 model baru ini diklaim memiliki tiga fitur utama, yaitu tenaga yang lebih stabil, rugged chassis dan high-performance capability. Jantungnya 230cc disebut memiliki tenaga yang stabil. Keunggulannya yaitu membuat motor jadi kompak, torsi dari rendah hingga menengah jadi lebih mudah dikendarai. Mesinnya 2-katup SOHC memiliki desain sederhana namun tangguh.

Motor trail dengan mesin 230cc memang termasuk katagori tanggung karena berada persis di antara 150cc dan 250cc, makanya tidak heran jika kemudian tidak banyak pabrikan yang merilis motor trail dengan dukungan mesin seperti ini. Menarik untuk ditunggu apakah langkah kawasaki, akan diikuti oleh para pesaing mereka untuk terjun di kelas ini.

comments

`