caption trialgame

Kebiasaan Salah Bikin Kampas Rem Cepat Aus

Wednesday, 2 October 2019

Salah satu komponen motor yang usianya terhitung tidak panjang adalah kampas rem. Sudah pasti komponen ini harus mengalami pergantian rutin setiap tahunnya, bahkan lebih singkat lagi jika motor trail Anda sering digunakan untuk trabas.

Nah penyebab habisnya masa pemakaian kampas rem tidak selalu disebabkan kualitas kampas rem itu sendiri. Pendeknya umur pemakaian kampas rem justru kemungkinan diawali dari kebiasaan salah para pengendara motor trail. Penurunan masa pakai kampas rem bisa ditentukan dari gaya berkendara biker.

Kebiasaan menggantung rem membuat permukaan kampas lebih cepat kekikis, padahal belum waktunya untuk mengerem. Hal ini biasanya paling sering terjadi pada motor trail dual sport yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Jangan lupa pula untuk selalu rutin membersihkan bagian kaliper dan piston apalagi jika motor trail Anda sering trabas di lintasan berpasir atau berlumpur. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari serpihan pasir masuk ke dalam piston melalui piringan rem. Walaupun ada minyak rem buat bersihin piringan dari serpihan, tapi ukuran serpihan debu yang mikro bisa membuatnya masuk ke dalam.

Nah jika kemudian Anda harus mengganti kampas rem dengan yang baru karena kampas rem sudah aus, terkadang ada kalanya proses pengereman masih terasa tidak sempurna. Padahal fungsi kampas rem penting untuk memperlambat laju motor trail.

Ada beberapa faktor yang bikin rem menjadi tidak pakem setelah mengganti kampas rem. Yang pertama karena di kampas baru biasanya banyak kotoran yang menempel. Biasa mekanik akan mengamplas kampas rem sebelum dipasang itu supaya kotoran jadi turun.

Tapi ada kemungkinan bahwa piringan cakram mulai termakan, biasanya akibat telat ganti kampas. Butuh penyesuaian bagi kampas untuk menjepit cakram yang lebih tipis dari standarnya. Hal ini juga berlaku pada rem tromol ya, jadi penyesuaian bukan hanya diperlukan pada rem cakram saja.

Selain beberapa hal di atas, rem yang enggak pakem juga bisa disebabkan oleh masalah di kaliper. Atau bisa karena ada kerusakan di piston kaliper. Kaliper rem yang tidak dibersihkan saat ganti kampas bisa bikin rem jadi macet. Kendati kondisi kampas atau piringan normal tapi kalipernya macet bisa bikin pengereman jadi tidak normal.

Image credit : wikihow.com

comments

`