caption trialgame

Kecil Peluang Motor Trail Baru ini Dijual di Indonesia!

Tuesday, 14 September 2021

Kecil Peluang Motor Trail Baru ini Dijual di Indonesia!


Belum lama ini beredar gambar konsep Honda CRF190L. Motor yang akan dipasarkan terbatas untuk pasar otomotif China ini memang sedang banyak dibincangkan oleh para penggemar motor trail. menurut rencana motor ini akan dipasarkan mulai akhir tahun di China dan untuk membuat hype-nya semakin terasa, Sundiro Honda Motorcycle Co, LTd selaku pemegang lisensi, memberikan sebuah foto bentuk asli dari motor ini.

Seperti analisa awal, CRF190L memiliki desain yang mirip dengan, CRF1100L Africa Twin. Bagian fascia depan dipasangkan half fairing dengan desain lampu mengarah ke paten motor rally dakar. Sementara bodi samping punya sedikit persamaan dengan CRF150L yang kita kenal di Indonesia.  Lebih lanjut desain setangnya dibuat tinggi dan melebar, hadir pula komponen windscreen yang rasanya mampu menghalau terpaan angin dengan baik. Tata letaknya dibuat tinggi sepantaran bagian dada pengendara.

Motor ini menggunakan peredam kejut model teleskopik dengan jarak main travel yang cukup panjang. Sementara di belakang didukung dengan suspensi jenis monoshock, namun belum diketahui apakah memiliki opsi penyetelan preload.

Untuk urusan dapur pacu memang belum ada info resmi namun dari informasi berupa dokumen paten yang juga diunggah, Honda CRF190L memiliki kode mesin SDH175-12A dengan kubikasi tepat 184 cc. Mesin ini adalah tipe lama yang sudah lebih dulu digunakan pada lini produk Honda di China seperti CB190R, CBF190R, sampai CBF190X sebagai model sub-200 cc. Rangka berjenis teralisnya itu menggendong mesin 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Yang mana tenaga maksimalnya bisa menyentuh 11,5 kW atau setara 15,5 daya kuda. Kendati demikian, angka torsi maksimal belum diungkap, tapi besar kemungkinan bermain di 15,4 Nm. Output tadi disalurkan lewat transmisi manual kopling 5-percepatan.

Soal fitur dan teknologi sayangnya belum ada informasi lebih lanjut. Tapi bisa dianalisa dari saudaranya CBF190X yang sama-sama satu platform. Honda CBF190X sudah dibenamkan fitur lampu LED depan belakang, panel meter digital, pemanis lampu daytime running light (DRL), sampai dermaga pengisian baterai smartphone. Untuk varian paling mahal pabrikan sudah membekalinya dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) satu channel di roda depan.

Lalu bagaiman peluang motor jenis untuk masuk pasar Indonesia?  Dari segi produk lebih dulu, melihat perawakannya jelas motor ini mengisi segmen hobi bukan jadi pilihan kendaraan mobilitas kebanyakan. Di mana rata-rata kontribusi penjualan tipe motor ini di Indonesia tak memiliki sumbangsih yang besar ketimbang jenis matik atau bebek.

Kemudian soal mesin, hingga sekarang AHM selaku distributor di Indonesia,  belum memiliki produk motor bermesin 190 cc. Jika berandai menjualnya secara CBU (Completely Built Up) dari China harga jual di pasar domestik pasti akan terkerek naik mengikuti tarif pajak kendaraan dan bea masuk. Dan jika menjualnya secara CKD (Completely Knock Down) perusahaan butuh mengeluarkan investasi lebih dan persetujuan dari Honda global maupun Honda China. Jadi rasanya agak kecil kemungkinan, jika motor jenis ini akan beredar secara massal di tanah air.

comments

`