caption trialgame

Kembalikan Performa Motor Setelah Mudik!

Tuesday, 3 May 2022

Kembalikan Performa Motor Setelah Mudik!


Lebaran telah usai dan kini saatnya Anda kembali melakukan perjalan balik ke kota.Setelah sampai di rumah, tentu badan memerlukan istirhata optimal agar bisa beraktifitas kembali dengan sempurna.  Namun, Anda juga perlu ingat dengan kondisi tunggangan Anda. Agar motor tetap prima, Anda harus memberikan perhatian khusus setelah melakukan perjalanan.

Setelah perjalanan jauh motor Anda perlu mendapat perawatan khusus. Banyak komponen motor yang perlu diperiksa dan di-stell ulang agar kembali prima. Dalam merawat motor Anda tidak perlu menjadi mekanik handal, cukup mengerti sedikit tentang komponen motor plus cara memeliharanya. Nah berikut adalah beberapa tips sederhana merawat motor trail Anda setelah mudik.

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan setelah melakukan perjalanan jauh adalah mencuci motor. Selain untuk menjaga kebersihan dan penampilan, mencuci sepeda motor bertujuan untuk dapat mengecek secara detil kondisi bodi motor Anda. Sehingga, kerusakan yang sifatnya kasat mata dapat diketahui segera.

Lakukan penggantian olisetelah melakukan perjalanan yang menempuh jarak 2.000 km. Karena daya pelumas dari oli akan berkurang jika motor dipakai dengan jarak tempuh yang jauh dan lama. Jangan lupa bersihkan filter udara ya. Membersihkan filter udara setelah melakukan perjalanan jauh adalah hal yang perlu Anda lakukan. Kondisi saringan udara yang kotor akan membuat motor menjadi tidak bertenaga dan boros bahan bakar.  Maklum saja selama perjalanan mudik Anda pasti melintasi jalan kotor dan berdebu. Apalagi kalau jika melewati jalan pantura yang kondisi jalannya berpasir.

Intensitas pengereman yang tinggi pada saat perjalanan jauh membuat rem cepet aus. Jika kampas sudah habis segera ganti dengan yang baru. Jika masih bagus kondisinya cukup bersihkan. Tapi lebih baik memang jika diganti dengan yang baru saja agar lebih nyaman, toh komponen ini juga tidak terlalu mahal harganya ya.

Kemudian lakukan pemeriksaan pada rantai ya. Komponen ini sebagai penyalur tenaga mesin ke roda. Karena itu, butuh perhatian khusus. Jangan menunggu gir rantai habis. Jika aus segera ganti satu set dengan yang baru. Jika masih bagus cukup bersihkan dengan solar, lalu beri pelumas baru. Pastikan Anda melumasi rantai setiap habis menempuh jarak 500km, agar rantai tetap stabil dan cek ketegangan rantai antara 12-25mm.

Periksa rutin kondisi busi, meskipun pemeriksaan busi menurut anjuran setiap 3.000 km. Lebih baik lakukan sebelum dan setelah melakukan mudik.Anda memeriksa busi motor. Apabila kotor ditumpuki karbon segera sikat. Ganti busi motor Anda setiap 7.500 km.

Bersihkan karburator motor Anda untuk memaksimalkan pasokan bensin ke ruang bakar. Membersihkan karburator itu susah-susah gampang, yang penting adalah perhatikan komponen-komponen kecilnya, jangan sampai hilang. Ingat, bersihkan karburator menggunakan bensin, bukan air dicampur sabun ya.

Setel ulang kembali katup (klep) sesuai standar pabrik, karena biasanya setelah melakukan touring klep akan mengendor, sehingga performa motor sedikit menurun.  Nah sebaiknya untuk yang satu ini dilakukan oleh mekanik yang profesional. Karena salah-salah Anda menyetel katup klep bisa mempengaruhi tarikan motor Anda. Nah jadi jangan abaikan motor trail anda setelah dipakai mudik ya.

comments

`