caption trialgame

Kenalan Dengan Komponen Flasher!

Wednesday, 23 November 2022

Kenalan Dengan Komponen Flasher


Komponen yang terdapat pada motor trail dual sport Anda jumlahnya memang sangat banyak. Bahkan rasanya hampir separuh komponen motor, Anda tidak bisa menyebutkan nama atau fungsinya secara benar. Nah salah satu komponen yang kurang populer tapi fungsinya amat sering digunakan adalah flasher.  Sebenarnya, apa definisi flasher dan apa saja jenis-jenisnya? Simak ulasannya yuk.

Saat lampu sein berkedip teratur saat digunakan, rupanya hal tersebut diatur oleh salah satu komponen yang kecil tapi memiliki fungsi penting bagi sepeda motor. Mungkin ada beberapa yang kurang familiar dengan istilah ini, oleh karena itu, gak salah bukan jika kami jelaskan mengenai definisi, fungsi, dan jenis-jenis Flasher.

Flasher merupakan salah satu komponen kelistrikan yang usia pakainya terbilang cukup lama, namun semua tergantung dari penggunaan sepeda motor dan cara merawatnya. Komponen ini memiliki peran saat lampu sein berkedip. Tanpa flasher, lampu akan menyala seperti biasa saja. Biasanya, flasher memiliki jarak atau tempo waktu yang teratur, sehingga lampu akan berkedip beberapa detik sekali. Flasher sendiri ada beberapa jenis lho, baru tau kan?

Yang pertama ada flasher standar pabrik. Komponen ini merupakan bawaan dari produsen kendaraan dan biasanya sudah terpasang, serta kompatibel dengan unit kendaraannya. Dilihat dari kualitasnya, flasher bawaan biasanya jauh lebih unggul dibanding flasher after market di pasaran.

Nah untuk yang suka modifikasi, flasher jenis LED cocok untuk digunakan. Jika lampu sein diubah ke model LED, maka flasher-nya juga direkomendasikan untuk menggunakan model serupa, sehingga kinerjanya lebih maksimal dan cocok untuk kendaraannya.

Dan yang terakhir adalah flasher 3 kaki, tapi flasher jenis ini dipakai oleh kendaraan roda empat, namun bisa juga dipakai di kendaraan roda dua. Usia pakainya juga cenderung lebih awet dibanding yang model LED.

Itu dia beberapa jenis flasher yang nampaknya sering diangap sepele, padahal memiliki kegunaan cukup penting untuk kendaraan bermotor. Lampu sein yang berfungsi baik juga tentunya akan membuat pengalaman berkendara lebih tenang, aman, dan nyaman.

comments

`