caption trialgame

Kenalan Dulu Sebelum Trabsan Ya!

Thursday, 20 January 2022

 

Kenalan Dulu Sebelum Trabsan Ya!


Siapa yang membeli motor trail demi melakukan trabasan? Sudah pasti sih mayoritas penggila motor trail membeli motor trail untuk melakukan trabasan, namun perlu kami ingatkan, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali memiliki motor trail, untuk beradaptasi dengan tunggangan barunya ya.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan trabasan, ada baiknya untuk mengenali karakter motor trail Anda, jangan langsung bawa motor tersebut ke medan offroad. Lakukan adaptasi di medan kosong atau lintasan-lintasan yang sekarang sudah banyak tersedia di beragam tempat. Setelah Anda mengenal karakter motor, baru lakukan trabasan dengan baik dan benar ya.

Nah biasanya nih, setelah melakukan trabasan pertama kali, akan mulai terpikir untuk melakukan beragam modifikasi agar performa motor sesuai dengan harapan. Maklum saja, biasanya motor trail standar pabrik, kendati cukup mumpuni, masih dianggap kurang gahar dalam performa maupun penampilan.

Biasanya komponen yang paling awal mengalami penggantian adalah ban. Hal ini tentu menyesuaikan dengan kegunaan motor trail Anda. Jika digunkan secara full untuk trabasan, Anda bisa menggunakan ban tahu atau ban offroad, namun jika digunakan untuk harian lebih baik tetap menggunakan ban dual purpose karena bisa digunakan di lintasan aspal maupun tanah.

Hal tersebut perlu diperhatikan, karena kedua jenis ban ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pakai ban tahu itu ada negatifnya, seperti saat melewati aspal akan tidak enak karena berisik dan cepat rusak ban tahunya,Jadi pertimbangkan lagi kalau banyak yang aspal lebih baik dual purpose, kalau banyak tanah ganti ban tahu.

Kendati motor trail terbaru biasanya sudah memiliki beragam asesoris namun biasanya handguard bukanlah satu satu yang termasuk di antaranya. Sebaiknya Anda menambahkan aksesori hand guard agar ketika jatuh tuas kopling tetap aman, dan tangan tetap terlindungi jika terkena ranting atau batu yang terpental saat trabasan.

Untuk yang hanya menggunakan di lintasan offroad, spion dan footstep belakang bisa Anda copot karena bisa meminilasir tersangkut benda-benda yang ada pada lintasan offroad,  tapi jika masih menggunakan untuk kegiatan harian jangan lakukan ini ya, karena dua benda tersebut termasuk syarat mutlak berkendara di jalan raya.

Nah tadi adalah ubahan sederhana yang bisa Anda lakukan pada motor trail baru Anda, lalu bagaimana dengan ubaha lanjutan agar performa mesin lebih galak? Simak ulasannya pada artikel kami berikutnya ya.

comments

`