caption trialgame

Kenali Blind Spot Motor Dual Sport

Tuesday, 17 March 2020

 

Blind spot atau titik buta adalah permasalah saat berkendara yang sering ditemukan. Bukan cuma mobil, motor juga punya area blind spot yang sangat berbahaya jika tidak diperhatikan. Area blind spot ini berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal bagi pengendara motor.

Motor meski tanpa pilar seperti mobil juga punya bidang pandang yang tidak terlihat. Nah hal ini tentu berlaku juga bagi Anda para pengguna motor trail dual sport yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Blind spot itu kan bidang pandang yang tidak terlihat. Kalau di motor ada di bagian belakang kiri dan kanan sepeda motor. Untuk meminimalisir masalah ini produsen sebenarnya sudah mengantisipasi dengan memberikan kaca spion pada setiap motor. Namun spion pun memiliki ruang pandang yang terbatas.

Dalam setiap pembelian motor trail dual sport baru, kaca spion bawaan dari pabrik biasanya berbentuk lebih lebar. Ternyata hal tersebut bukan tanpa asalan dibuat lebih besar. Bentuk kaca spion yang lebar ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mengecek kondisi keadaan sekitar kendaraanBentuk kaca spion yang lebar bertujuan untuk mendapatkan bidang penglihatan ke samping dan belakang yang luas dan mengurangi area blind spot sekecil mungkin.

Selain untuk mendapatkan jarak pandang yang luas, rupanya kaca spion memiliki tujuan lain.Jika kita perhatikan, posisi kaca spion memiliki lebar yang sejajar atau lebih lebar dibandingkan setang motor. Tujuannya untuk menjadikan kaca spion sebagai ukuran ketika pengendara hendak menyalip kendaraan di depannya. Kaca spion bisa dijadikan batas patokan kemudi, bila kaca spion menyenggol suatu objek, itu artinya objek sudah sangat dekat dengan posisi pinggir setang.

Oh iya bidang pandang kaca spion biasana berjarak hanya 1 meter dari badan motor. Padahal saat di jalan bisa saja ada kendaraan lain di kiri kanan yang tidak terlihat. Untuk itu hal yang perlu dilakukan oleh pengendara motor adalah menyempatkan diri menengokkan kepala ke sisi jalan yang akan digunakan berpindah. Perlu diketahui menoleh jadi satu kewajiban berkendara di luar negeri. Bahkan menjadi syarat wajib untuk mendapatkan Surat Ijin mengemudi. Karena hal ini merupakan salah satu antisipasi dalam keselamatan berkendara.

.

 

 

comments

`