caption trialgame

Kenali Penyebab Borosnya Bahan Bakar Motor Trail

Thursday, 8 August 2019

   Pengguna motor trail semakin marak di Indonesia, hal ini menyebabkan populasi motor trail semakin banyak. Salah satu yang jenis motor trail yang populasinya semakin bertambah adalah jenis dual sport. Motor trail jenis ini banyak digemari oleh para pendatang baru karena selain bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, motor trail dual sport masih mumpuni untuk melahap beragam medan offroad.

   Anda tidak perlu melakukan beragam modifikasi, apalagi modifkasi pada mesin, jika hanya menggunakan motor trail jenis ini untuk kegiatan sehari-hari. Tapi ternyata banyak yang mengeluhkan jika motor trail dual sport mereka boros bahan bakar. Padahal mesin tidak mengalami perubahan apa-apa. Lantas apa yang bisa menyebabkan hal ini bisa terjadi? Coba simak uraian kami dibawah ini.

   Motor trail dual sport lazim dibawa untuk aktivitast sehari-hari. Jika Anda hidup di kota besar seperti Jakarta, dimana macet menjadi teman sehari-hari, kondisi ini akan membuat motor boros mengkonsumsi bahan bakar. Kendati posisi motor dalam kondisi berhenti karena macet namun putaran mesin tidak berhenti, hal ini yang kemudian menyedot bahan bakar.

   Kebiasaan menggunakan motor trail yang kurang tepat secara tidak disadari memiliki pengaruh pada konsumsi bahan bakar. Misalnya, ketika motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu motor trail yang tidak rutin dilakukan service juga rentan mengalami pemborosan bahan bakar. Setingan mesin biasanya mengalami perubahan sehingga perlu dikalibrasi ulang.

   Oh iya ternyata faktor suhu udara yang panas seperti di musim kemarau ini juga berpengaruh lho terhadap bahan bakar Anda. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi.

   Perhatikan juga kondisi jalanan yang sering Anda lalui. Jika jalan tersebut banyak menanjak, bergelombang atau rusak maka sudah pasti Anda akan membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak.

   Jangan lupa untuk memperhatikan tekanan udara ban motor trail ya. Ban yang kempes akan membuat tarikan motor menjadi lebih berat, sehingga torsi mesin menjadi lebih besar. Jika hal ini terjadi maka sudah pasti bahan bakar akan boros. Oh iya mengangkut beban atau barang yang berat juga bisa menyebabkan mesin menarik torsi lebih besar lho.

comments

`