caption trialgame

Keren, Honda Makin Serius Garap Minimoto!

Wednesday, 27 January 2021

Keren, Honda Makin Serius Garap Minimoto!


Honda sepertinya sedang gemar melakukan penyegaran pada lini minimoto mereka. Setelah belum lama ini meluncurkan tipe Supercub dan Monkey, mereka disinyalir bakal meluncurkan Honda DAX ST125 pada maret 2021 mendatang. Ini bakal melengkapi jajaran motor ikonik dan unik, milik pabrikan sepeda motor terbesar di dunia ini.

DAX ST125 secara dimensi lebih masuk ke keluarga Monkey, lantaran punya tubuh yang sama-sama mungil, dan bergaya ala-ala motor garuk tanah klasik.Hanya saja struktur tubuhnya berbeda dan lebih unik, di mana DAX punya rangka T-bone dari baja yang di-press, dan tangki bensin yang dipasang secara internal.

Mengutip Young-machine, jantung mekanisnya kemungkinan besar mengadopsi miliknya Honda Grom MSX125. Mengemas mesin 124 cc 1-silinder berpendingin udara, berpengabut injeksi, dengan transmisi manual kopling 5-percepatan.  Di atas kertas tenaga maksimalnya tembus sampai 9,6 dk pada 7.000 rpm, sementara torsi puncak 11 Nm pada 5.250 rpm.

Pada sejumlah foto yang beredar terlihat Dax125 menggunakan single seat. Dimana memiliki setang yang terangkat. Posisi setang setir yang terangkat ini dimaksudkan untuk memberi kenyamanan posisi bagi pengendara. Pada perangkat suspensi depan menggunakan garpu upside down, sedangkan untuk pengereman menggunakan cakram pada roda depan maupun belakang plus Antilock Braking System (ABS) di roda depan. Dan disinyalir motor ini akan diproduksi oleh Honda Thailand. Sebagai informasi di Jepang, Eropa termasuk di Indonesia mamakai nama Honda Dax. Sedangkan di Amerika Serikat dan Kanada dikenal nama ST atau Honda Trail.

Diperkirakan banderolnya akan berada di kisaran 440.000 yen, atau setara dengan Rp 59 juta. Nah bila diboyong ke Indonesia, harganya bisa lebih mahal lagi.  Kisaran harga jual tersebut, tak jauh-jauh berbeda dengan model motor unik sebelumnya seperti Super Cub 125, Monkey 125, dan CT 125.

 

comments

`