caption trialgame

Khasiat Balancing pada Supermoto Anda!

Wednesday, 10 August 2022

Khasiat Balancing pada Supermoto Anda!


Balancing ban adalah proses untuk melakukan penyeimbangan pada roda, sementara untuk balancing pelek bisa diartikan melakukan pemasangan balancer agar pelek motor bisa bekerja lebih optimal. Maklum, pelek sangat berpengaruh dengan handling yang berujung juga pada pengendalian motor dan juga keselamatan pengendaranya.

Salah satu yang bisa mengurangi kenyamanan berkendara adalah adanya getaran-getaran tak wajar yang terasa pada motor. Apalagi jika supermoto Anda sudah memiliki jam terbang tinggi atau digunakan untuk kegiatan harian. Dan biasanya jika terjadi gejala di atas, maka bearing roda, komstir, dan segi tiga akan jadi komponen yang pertama kali jadi sasaran untuk diperiksa.

Tapi kalau semuanya ternyata masih normal, maka pelek bisa jadi si tersangka nih, alias perlu dikalibrasi ulang terutama untuk pelek palang atau cast wheel yang menempel pada supermoto Anda. Ketika Anda merasa ada hal yang kurang enak pada pelek motor trail Anda, mungkin artinya itu waktu yang tepat untuk melakukan balancing pelek.

Tujuan dari balancing pelek tentu agar pelek bisa bekerja maksimal dan tidak mengurangi kenyamanan dan handling dari motor. Caranya, dengan melepaskan timah balancer bawaan pabrik untuk diganti dengan timah baru yang ditempel di bibir pelek. Tidak bisa sembarangan ya, semuanya harus melalui proses penghitungan karena berat timah juga bermacam-macam, ada yang 10 gram, 20 ram hingga 60 gram.

Sementara itu  balancing ban sangat diperlukan agar handling motor trali menjadi lebih nyaman. Maklum saja, perputaran roda sangat vital dalam kendaraan, oleh karenanya gerak putar yang tepat juga diperlukan. Roda yang tidak imbang  akan mengakibatkan umur ban lebih pendek serta umur perangkat lain yang melingkupinya juga cenderung pendek.

Ban mempunyai titik-titik dimana kadar beratnya berbeda dengan yang lainnya. Pada saat kendaraan melaju, perputaran ban yang tidak imbang membuat penyebaran berat beban juga tak sama.Ban yang tidak imbang dalam perputarannya juga mempengaruhi kinerja perangkat motor lainnya. Saat melaju getaran akan terasa pada roda, shock dan perangkat lainnya di kendaraan yang saling terhubung. Ini pula yang membuat kurang nyaman dalam mengemudikan kendaraan.

Nah buat Anda yang baru saja memodif motor trail menjadi supermoto, tentu akan mengalami penggantian ban dan  wajib melakukan dilakukan balancing ban. Hal ini membuat Anda akan lebih nyaman dalam mengendarai supermoto dengan ban yang imbang/balance. Getaran dalam diminimalisir serta umur dan kinerja ban akan lebih baik.

 

comments

`