caption trialgame

Kiat Mudah Rawat Helm di Musim Hujan!

Tuesday, 16 November 2021

Kiat Mudah Rawat Helm di Musim Hujan!


Bagi Anda yang menggunakan motor trail secara harian, musim hujan berarti effort tambahan dalam mengendarai tunggangan Anda. Anda harus menyiapkan beragam macam perlengkapan ekstra agar aman dan nyaman saat berkendara dalam situasi hujan. Dan perawatannnya pun akan sedikit ekstra dibandingkan musim kemarau. Maklum saja riding gear termasuk helm jika kehujanan, basah, dan tidak nyaman digunakan. Nah untuk artikel kali ini, kami akan menjelaskan perawatan helm ketika musim hujan tiba.

Merawat helm perlu dilakukan dengan baik agar aman dan nyaman saat dikenakan, terlebih pada saat musim hujan. Merembesnya air hujan ke dalam helm dan bahkan kelembaban udara di musim hujan bisa menyebabkan helm  berbau hingga berjamur jika tidak dirawat dengan baik.

Langkah pertama pertama adalah mulai dari pelepasan busa helm, dan di angin-anginkan agar pori-pori busa tidak berjamur. Dengan mengangin-anginkan bagian dalam helm untuk membuatnya lebih kering sangat disarankan. Jika dikeringkan dengan cara dijemur atau ditiup hair dryer, hanya akan membuat busa helm menjadi cepat rusak.

Namun, jika helm basah kehujanan, sebaiknya helm langsung dicuci dengan sabun cair dan dilap dengan microfiber. Mencuci helm dengan sabun cair, agar tetap dalam keadaan bersih dan segar. Tidak hanya itu, pengeringan dengan microfiber agar menghindari goresan pada helm itu. Jangan lupa kemudian diangin-anginkan juga. Selanjutnya untuk perawatan tambahan, agar lebih bersih maksimal dan nyaman untuk dipakai, bisa gunakan spray anti bakteri helm agar terasa lebih segar saat helm kembali digunakan ya.

Lalu bagaimana dengan perawatan visornya? Jangan khawatir kami juga berikan tipsnya ya. Agar lebih mudah pencuciannya dan bagian helm yang lain tidak basah, maka Anda harus melepaskan visor dari helmnya. Lepaskan dengan hati-hati supaya tidak retak. Jangan gunakan lap kering terlebih dahulu. Hal ini bisa saja menjadi fatal dan meninghalkan bekas goresan dan kusam pada visor. Maka, jangan pernah gunakan lap kering terlebih dahulu untuk membersihkan permukaan visor helm.

Visor helm terbuat dari mika yang sangat sensitif jika terkena debu. Oleh karena itu, langkah awal yang harus dilakukan adalah membasuh seluruh permukaan visor dengan air agar debunya tidak menimbulkan goresan pada saat pengelapan.  Langkah selanjutnya, campurkan sabun atau shampo dengan air, kemudian bersihkan visor helm dengan busa sabun tersebut. Pilihlah sabun atau shampo yang mengandung silikon agar debu dan minyak yang menempel pada visor helm terangkat sempurna. Agar hasil lebih bersih, gunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk membersihkan bagian celah kecil.

Setelah dirasa cukup bersih, bilaslah visor helm dengan air, kemudian lap memakai kain atau chamois. Biasanya jika ingin mengkilap dan hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan lap berbahan microfiber atau lap yang berbahan katun.

comments

`