caption trialgame

Knalpot Meledak & Berapi, Normalkah?

Tuesday, 15 March 2022

Knalpot Meledak & Berapi, Normalkah?


Untuk ada penggemar motor trail yang suka utak atik motornya pasti pernah mengalami knalpot meledak atau menembak. Biasanya sih yang paling pertama disalahkan ada bahan bakar, padahal ada beberapa sumber masalah yang bisa jadi biang keladinya.

Parahnya lagi, ada efek buruk yang bisa terjadi pasca ledakan tadi, motor Anda bisa aja langsung kehilangan daya dan energi dan langsung mati. Memang apa saja sih penyebabnya? Ada beberapa sih cuma biasanya ada beberapa hal seperti lupa tutup choke.

Oleh karenanya, Kamu harus tau apa saja yang menyebabkan knalpot motormu meledak. Jika Anda lupa menutup choke, maka aliran bensin tidak mengalir sesuai proporsi yang dibutuhkan oleh ruang bakar, dan ketika ruang bakar kebanjiran bahan bakar, bisa jadi si knalpot meledak di tengah jalan,

Busi adalah salah satu part penting untuk menyulut api di ruang bakar. Kualitas energi yang dihasilkan ruang bakar sudah jelas tergantung banget pada busi ini. Nah, ketika busi ini bermasalah, maka percikan api yang dihasilkan akan kurang maksimal. Disinilah terjadi pembakaran yang kurang sempurna. Hal yang demikian akan menjadikan pembakaran sedikit lebih prematur dan memicu ledakan di knalpot motor Anda. Parahnya, ledakan karena busi ini yang bisa bikin motor langsung mati seketika. Jadi jangan males cek busi dan membersihkannya ya.

Ada api tentunya ada mediatornya. Disinilah udara mempunyai peran penting pada pembakaran motor. Tentunya karburator punya sistem yang akurat untuk mengatur porsi udara dan bahan bakar pada motormu. Tapi kadang ada aja masalah yang membuat udara tidak tersuplai dengan baik ke ruang bakar.  Hal ini bisa dideteksi dari ledakan knalpot pada RPM rendah pasca digunakan secara tinggi. Jika ada ledakan di saat ini, sudah jelas penyebabnya adalah kurangnya udara di ruang bakar. Oleh karenanya, bersihkan part – part di karburator dan sekitarnya secara berkala.

Untuk Anda pengguna motor trail lama, biasnaya menggunakan karburator jenis vakum. Karburator jenis vakum mempunyai sistem aliran bahan bakar yang sangat bagus. Aliran bahan bakar di karburator jenis ini sangan bergantung pada kemampuan buka tutup klep yang berbahan dasar karet. Sayangnya, karena terbuat dari karet, lama – lama komponen ini juga akan mengeras ketika bersentuhan dengan bahan bakar. Dan ketika sudah keras, lama – lama komponen ini akan aus dengan sendirinya. Hal ini yang bikin motor jadi brebet dan bikin knalpot mledak saat tuas gas dibalikin posisi awal.

Nah jadi jangan kaget kalo tau-tau motor trail Anda ada suara meledak, segara cari tau sumbernya dan segera perbaiki ya. Jangan dibiarkan karena lama-lama pasti akan mengganggu performanya.

comments

`