caption trialgame

Komponen ini Jangan Kena Air Hujan ya

Saturday, 16 November 2019

Datangnya musim hujan menjadi sesuatu hal yang harus diwaspadai oleh para penggila motor trail saat berpetualang. Apalagi jika Anda menggunakan motor trail dual sport. Ada beberapa sistem kelistitrikan serta komponen yang harus diperhatikan agar fungsinya tetap optimal. Maklum saja, pada motor trail, bagian-bagian ini cenderung berada dibagian terbuka sehingga rawan terkena air.

Lantas komponen apa saja sih yang harus diberi perhatian lebih saat hujan turun? Yang pertama adalah cop dan kabel busi. Posisi busi yang relatif rendah dan berada di sisi samping blok mesin sangat rawan terciprat air kala Anda melibas genangan air atau arus banjir. Walhasil, cop atau karet penutup busi itu cepat aus. Secara teori, apapun yang berhawa panas kemudian kena air akan bereaksi secara kimiawi sehingga ikatan molekulnya terurai.

Sehingga kalau benda itu berasal dari plastik atau karet akan retak, berubah bentuk, atau bahkan pecah. Bila karet penutup busi pecah atau retak, cipratan air bisa masuk ke busi. Dan jika basah maka dampaknya adalah motor akan mogok. Rumus ini juga berlaku pada kabel busi ya.

Yang kedua adalah soket koil. Pada saat motor trail melibas genangan atau melaju di tengah guyuran hujan, satu soket kabel, khususnya kabel positif, rawan terkena air. Bila air masuk ke sambungan kabel, maka motor akan mogok. Bila itu terjadi, lepaslah sambungan atau soket tersebut. Kemudian tiup atau semprot dengan angin kompresor dan lap hingga bersih dan kering. Bila ingin aman, sebaiknya dilapisi lagi soket itu dengan isolasi yang kedap air.

Nah bagi Anda yang memiliki motor trail yang menggunan CDI atau Capasitor Discharge Ignition harus lebih berhati-hati ya di musim hujan. Pasalnya, CDI berperan penting dalam mengatur waktu pengapian dari proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin. Komponen ini amat sensitif terhadap air, dan tidak adak berfungsi jika terpapar air.

Bila itu terjadi, cara mengatasinya lepaskan soket dari CDI. Setelah itu, semprot bagian dalam soket dengan menggunakan cairan penetral dan keringkan. Cairan itu banyak dijual di toko onderdil dalam kemasan kaleng dan cara penggunaannya disemprotkan (spray). Agar masalah itu tak terjadi, olesi soket CDI dengan sealer atau grease agar kedap air.

Musim hujan memang selalu seru untuk mengajak motor trail Anda berpetualang tapi jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang bisa membuat petualangan Anda tetap seru dan asik ya.

Image credit : revzilla.com

comments

`