caption trialgame

Kondisi Ideal Mengganti Oli Mesin Motor Trail

Wednesday, 24 June 2020

Kondisi Ideal Mengganti Oli Mesin Motor Trail


Melakukan penggantian oli mesin sudah menjadi hal yang wajib bagi kendaraan bermotor termasuk motor trail. Fungsinya, untuk menjaga kondisi dapur pacu tetap optimal. Mengingat, fungsi oli adalah sebagai pelumas dan mencegah terjadinya benturan antara komponen yang ada di dalam mesin. Selain itu, berfungsi juga untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Maka dari itu kondisi oli mesin pada kendaran harus dijaga dan diperhatikan.

Ada beberapa kriteria penggantian oli. Misalnya bagi pengguna motor trail harian, biasanya akan melakukan penggantian oli di kisaran antara 2.000 kilometer sampai dengan 2.500 kilometer. Jika motor sudah masuk jarak tempuh tersebut sebaiknya segera lakukan penggantian. Berbeda dengan motor yang sering digunakan untuk trabas atau lomba, biasanya penggantian oli dilakukan beberapa saat sebelum turun. Ini dimaksudkan agar kinerja mesin selalu optimal, apalagi jika turun dalam sebuah kompetisi.

 Saat melakukan penggantian oli ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan yang biasanya menimbulkan pro dan kontra adalah kondisi mesin saat akan dilakukan penggantian oli. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan saat kondisi mesin  tidak dalam keaadan panas.

Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya baut pada lubang pembuangan oli mengalami slek. Saat mesin dalam kondisi panas terjadi pemuaian sehingga jika mesin masih dalam kondisi panas dan baut pembuangan dibuka dikhawatirkan akan terjadi slek.

Jadi lebih baik dilakukan dalam kondisi dingin? Ternyata tidak juga karena banyak yang mengatakan bahwa dalam dalam kondisi dingin, biasanya ada kotoran yang masih menempel di bagian mesin. Jadi kotorannya tidak terbuang. jika dalam kondisi mesin dingin, oli masih lumayan mengental. Hal ini akan menyulitkan proses pengurasan oli.

Ternyata idealnya adalah dilakukan saat mesin dalam keadaan hangat. Penggantian oli sebaiknya dilakukan saat mesin sedang hangat, tidak terlalu panas atau dingin. Nah jika motor trai Anda dalam keadaan dingin, ada baiknya untuk menyalakan motor sebentar sebelum melakukan penggantian oli. Dan jika dalam keaadan panas, tunggu beberapa saat sebelum melakukannya.  Dalam kondisi hangat, oli masih encer dan mudah mengalir saat tutup oli dibuka. Oh iya dalam kondisi  hangat, kotoran tercampur dengan oli, sehingga ikut terbuang saat proses pengurasan.

Setelah selesai dikuras, jangan lupa untuk menggunakan kicstarter agak sisa oli lama yang masih ada dalam mesin ikut terkuras. Dan yang paling penting pastikan tutup kembali saluran oli saat kondisi mesin sudah dingin, Ini untuk mengantisipasi agar baut tidak slek.

comments

`