caption trialgame

Kopling Hangus Akibat Ganti Stang!

Wednesday, 28 April 2021

Kopling Hangus Akibat Ganti Stang!


Tidak sedikit pengguna motor trail yang berpendapat bahwa stang bawaan pabrik kurang memiliki kualitas yang baik untuk menunjang handling motor trail. Stang motor trail biasanya memiliki sudut yang lebar dan panjang sehingga membuat pengendara meletakkan kedua tangannya di depan sejajar dada, memiliki. Bagi Anda yang ingin menggunakan motor trail untuk kegiatan sehari-hari, stang jenis ini kurang nyaman untuk digunakan, karena sulit melakukan manuver di tempat-tempat sempit. Stang atau handlebar sendiri memiliki fungsi utama untuk mengontrol laju kendaraan yang terhubung langsung ke roda depan, posisi stang sangat memengaruhi cara berkendara.

Tapi tahukah Anda bahwa mengganti stang motor ternyata memiliki beragam resiko, dan salah satunya adalah membuat kampas kopling motor trail Anda gampang hangus. Iya betul, Anda tidak salah baca, kampas kopling gampang hangus. Lho memang ada hubungannya mengganti stang motor dengan kampas kopling hangus?

Ternyata jika Anda kurang teliti dalam pemasangannya, resiko kampas kopling mudah hangus semakin besar, ini biasanya terjadi pada mereka yang mengganti stang dengan ukran yang lebih lebar. Karena setang pengganti lebih lebar, otomatis posisi handle rem, handle kopling dan saklar bakal bergeser menjauh. Kalau tidak teliti dalam pemasangan, biasanya kabel kopling akan mudah tertarik ketika setang digerakan. Nah, akibat tertarik itu kopling bisa tidak sengaja tertarik dan jadi penyebab kopling hangus.

Maka dari itu, saat mengganti stang motor khususnya ke yang lebih lebar harus diperhatikan kabel-kabel yang terhubung ke setang. Pastikan seluruh kabel yang terhubung ke setang punya jarak main meskipun setang digerak-gerakan. Tidak sedikit juga pemilik atau mekanik yang menyelepekan hal ini. Mereka mengetahui bahwa harus ada jarak main, tapi tetap saja tidak teliti saat melakukan pemasangn.

Padahal, selain membahayakan, kabel di motor yang tertarik ini bisa juga membuat komponen-komponen penting di motor rusak. Untuk mengatasi hal itu, tentu Anda harus mengganti kabel kopling dengan ukuran lebih panjang agar punya jarak mainnya, dan jangan lupa untuk selalu teliti dalam memasangnya ya.

 

comments

`