caption trialgame

Kotoran Yang Menumpuk Pada Komponen Ini Bisa Picu Suara Brisik!

Wednesday, 10 August 2022

Kotoran Yang Menumpuk Pada Komponen Ini Bisa Picu Suara Brisik!


Memacu motor trail di jalur lintas alam tentu adalah hal yang menyenangkan sekaligus memacu adrenaline, tapi jangan lupa bahwa setelah itu tunggangan Anda memerlukan perawatan. Salah satu hal yang biasanya terjadi adalah suara berisik yang terdengar dari bagian gir depan motor trail Anda.

Hal ini biasanya disebabkan oleh menumpuknya kotoran pada bagian itu.  Penumpukan kotoran biasanya disebabkan oleh sisa-sisa oli, pelumasan, debu, bahkan cipratan kotoran dari jalan. Nah oleh karena itu pembersihan pada  gir depan  diperlukan untuk menjaga usia pakai dari komponen tersebut.

Lalu gimana sih cara untuk membersihkan gir depan? Ternyata proses pembersihan gir depan gak rumit lho. Yang pertama kali harus dilakukan adalah membuka penutup gir depan. Hal ini biasanya bisa dilakukan dengan menggunakan  kunci ring T, kunci pas, ataupun kunci ratchet, tergantung dari jenis motor trail yang Anda miliki.

Setelah penutup lepas,  terlihat kondisi gir depan motor trail yang kotor tertutup kotoran. Jangan khawatir dan jangan panik, gunakan cairan penetran ataupun bensin untuk membersihkannya. Apabila kotorannya sudah menumpuk, gunakan bantuan kuas ataupun sikat gigi bekas, untuk merontokan semua kotoran yang menempel pada gir depan.

Oh iya jangan lupa untuk membersihkan penutup gir depan ya. Biasa pada bagian ini ada kotoran dan lumpur yang menempel juga dan jumlahnya cukup banyak. Setelah selesai proses pembersihan, berikan cairan pelumas ke gir dan mata rantai secara merata untuk mendapatkan efek lubrikasi yang optimal.

Nah tidak sulit bukan? lakukan hal ini secara rutin, jika perlu setiap Anda selesai berpetualang dengan motor trail kesayangan. Dengan demikian, maka kinerja gir terjaga dan usia pemakaian menjadi lebih panjang. Kami juga akan memberikan ulasan mengenai cara membersihkan rantai motor dengan detail, namun kami akan jelaskan secara panjang lebar pada artikel berikutnya ya.

 

 

comments

`