caption trialgame

KTM Hidupkan Kembali Supermoto!

Tuesday, 29 December 2020

KTM Hidupkan Kembali Supermoto!


Tidak banyak memang pabrikan motor yang merilis jenis supermoto secara massal. Hanya segelintir saja yang melakukan hal ini. Dan kini pabrikan otomotif roda dua asal Austria, KTM menghidupkan kembali supermoto legendaris mereka yaitu tipe  450 SMR setelah hampir 7 tahun berhenti diproduksi.

KTM 450 SMR 2021 diklaim memiliki berbagai fitur baru dan berbeda dari pendahulunya dan memiliki basis yang sama dengan tipe 450 SX-F.  Artinya KTM 450 SMR 2021 hadir dengan dibekali mesin satu silinder 4-tak berkapasitas 449,9 cc dengan transmisi 5-percepatan. Mesin ini memiliki bobot optimal 27,3 kg yang siap menghasilkan tenaga 63 dk.

Untuk peredam kejut yang digunakan supermoto ini adalah upside down WP Xact di depan dan belakang monoshock WP Xact. Selain itu, sistem pengereman yang digunakan 450 SMR 2021 adalah cakram di depan dan belakang menggunakan kaliper Brembo didukung teknologi ABS.

Teknologi yang dimilikinya tidak hanya itu, namun pabrikan membekalinya dengan Launch Control dan Active Traction Control juga. Tentunya teknologi tersebut akan berguna bagi pengendara KTM 450 SMR 2021 saat melaju di atas trek.

Hingga saat ini KTM 450 SMR sudah beredar di Amerika Serikat dan Eropa sejak bulan lalu. harga yang ditawarkannnya pun cukup menarik yaitu sekitar 11.300 dollar atau jika dikonversi ke rupiah berkisar 168 jutaan saja. Sayangnya memang belum ada kepastian apakah KTM akan merilis motor ini untuk kawasan Asia. Karena hingga akhir Desember ini, belum ada pengumuman resmi mengenai perilisan motor ini di benua Asia.

Entah apa pertimbangannya, namun jika KTM memutuskan tidak merilis 450 SMR ini di Asia, kerugian ada di pihak mereka karena pangsa pasar Asia yang amat besar dan dengan harga jual yang terhitung tidak terlalu tinggi, motor ini bisa menjadi salah satu primadona supermoto di Asia.   

comments

`