caption trialgame

Kunci 'Rahasia' Ganti Ban Tubeless Supermoto!

Sunday, 7 March 2021

Kunci 'Rahasia' Ganti Ban Tubeless Supermoto!


Seperti diketahui, ada dua jenis ban yang dipakai motor, yakni ban biasa atau tubetype, dan ban tubeless. Ban biasa harus memakai ban dalam atau inner tube, sedangkan ban tubeless tidak perlu ban dalam. Karena enggak pakai ban dalam lagi, ban tubeless lebih lama mengempis saat terkena paku. Selain itu, ban tubeless lebih mudah ditambal karena tidak perlu melepas ban dalam lagi. Makanya harga ban tubeless lebih mahal daripada ban biasa.

Nah buat Anda yang berencana mengganti ban supermoto Anda dengan ban tubeless baru  agar sedikit berhati-hati ya, jangan langsung ngebut dengan kaki barunya karena bant tubeless baru memiliki lapisan lilin pelindung pada karet bannya.

Ketika kondisi ban masih baru, terdapat lapisan lilin di tapak ban sebagai bentuk perlindungan agar karetnya tetap awet selama penyimpanan. Jadi bukan berarti karena ban baru, lalu punya daya cengkeram yang baik sesaat setelah penggantian. Kalau Anda perhatikan, ada lapisan berwarna putih yang menempel di tapak ban motor dalam kondisi baru di toko. Lapisan ini yang membuat ban motor baru terasa licin, terutama buat ban motor harian.

Oleh karena itu tidak disarankan untuk melakukan manuver, akselerasi atau pengereman mendadak selama waktu tertentu hingga lapisan lilinnya hilang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi  resiko motor tergelincir atau terjatuh. Namun kalau bawa motornya normal, ban motor baru tetap aman dipakai turing jalan jauh sekalipun.Estimasi proses sampai lapisan lilin terkikis, kurang lebih ketika Anda sudah mengendarai motor lebih dari 100 kilometer ya, jadi kalo masih dibawah itu, tahan diri dulu ya.

Oh iya dalam memilih ban tubeless itu sebaiknya disesuaikan kebutuhan.  da yang high grip namun kompensasinya abrasif dari ban tinggi, sebaliknya kalau mau yang awet secara grip standart saja. Untuk keperluan harian sebaiknya gunakan yang kembangannya agak banyak atau tipe ban Street, namun untuk keperluan speed bisa menggunakan ban yang kembangannya lebih sedikit atau tipe ban sport.  Yang paling ideal untuk penggunaan harian adalah ban yg ditengah-tengah, grip oke tapi awet, biasanya ban-ban yang menggunakan teknologi silica yang mampu balance seperti itu.

 

comments

`