caption trialgame

Kupas Untung Rugi Motor Trail Listrik

Wednesday, 20 July 2022

Kupas Untung Rugi Motor Trail Listrik


Saat ini, motor trail listrik mulai banyak diperkenalkan oleh beragam pabrikan. Bahkan dengan semakin tingginya harga bahan bakar di Indonesia, motor listrik mulai banyak dilirik orang pada pengguna konvesional.

Layaknya teknologi baru, tentu banyak yang pro dan kontra. Apalagi di Indonesia, kendaraan listrik terhitung belum populer, sehingga masih terlalu banyak kabar mengenai hal ini yang belum tentu benar faktanya.

Nah melalui artikel ini kami akan mencoba merangkum beberapa point plus dan minus dari motor trail listrik. Konon dalam 10 tahun ke depan, kendaraan jenis ini akan beroperasi layaknya motor-motor biasa yang sudah banyak beredar di tanaha air. Nah tanpa panjang lebar kita simak ulasannya yuk

Agar terkesan optimis, alangkah lebih baiknya jika kami membahas terlebih dahulu mengenai kelebihan motor listrik saat ini. Motor listrik yang beredar saat ini biasanya sudah memilik battery management system yang semakin optimal. Sehingga untuk satu kali pengisian daya, umumnya motor bertenaga listrik ini bisa kamu gunakan 80 hingga 100 km. Sedangkan untuk kapasitas dayanya sendiri yaitu sekitar 5.000 WH.

Beberapa tipe motor listrik terbaik yang menggunakan daya listrik sebagai tenaganya sudah dilengkapi dengan monitoring system yang baik. Sebut saja salah satunya yaitu speedometer indikator yang bisa Anda  koneksikan dengan sistem berbasis Android.

Rangka yang dimiliki motor trail listrik juga terhitung kokoh lho, jadi untuk kualitas ketahanan saat mengangkut beban juga tidak kalah dari jenis motor konvensional. Pasalnya motor tersebut sudah menggunakan sasis yang kokoh dengan daya angkut hingga 150 kg. sementara segi kecepatan, motor listrik Indonesia juga tidak kalah gesit dibandingkan motor biasa. Bahkan sudah tersedia tipe motor 125 cc dengan kecepatan 100 km/jam.

Oh iya beberapa pabrikan sudah menyematkan sistem transmisi timing belt yang mampu memutar roda belakang. Sistem yang satu ini dipercaya lebih awet dan tahan lama. Penggerak tersebut juga tidak mudah terendam air.

Di samping kelebihan di atas tentunya, motor listrik juga masih memiliki beberapa kekurangan, misalnya jarak tempuh dan sistem pengisian daya. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, motor listrik mampu menempuh jarak 80 km hingga 100 km. Namun belum ada jaminan adanya tempat pengisian daya per 100 km jika motor tersebut kekurangan daya di perjalanan. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan yang masih menjadi pertimbangan banyak orang yang ingin membelinya

Ketersediaan sparepart dan bengkel resmi pun masih bisa dihtiung dengan jari. Alhasil, jika terjadi kendala di tengah perjalanan, kamu tidak bisa begitu saja membawanya ke bengkel konvensional. Proses pemesanan suku cadang bisa saja dilakukan secara online. Akan tetapi Anda harus menunggu terlebih dahulu karena biasanya proses pemesanannya dari luar negeri. Belum lagi Anda harus mencari bengkel yang menyediakan layanan service untuk tipe sepeda motor listrik dewasa.

Meskipun sudah ditunjang dengan sasis yang kokoh, namun tetap saja beban maksimal motor ini berbeda dari motor konvensional. Jika daya maksimalnya 150 kg, Anda  tetap tidak boleh terus-terusan menggunakannya pada maksimal daya tersebut. Beban maksimal yang layak untuk motor ini yaitu hanya 120 kg saja, atau setara dua orang yang sedang boncengan. Nah demikian plus minus dari motor trail listrik, semoga membantu Anda dalam membuka wawasan mengenai motor listrik ya.

comments

`