caption trialgame

Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Optimalkan Motor Trail!

Wednesday, 31 August 2022

Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Optimalkan Motor Trail!


Pernahkah Anda merasakan bahwa performa motor trail Anda kurang maksimal ? Padahal Anda berharapa bisa melahap beragam lintasan saat berada di atasnya, namun apa daya ternyata performa mesin terasa kurang mumpuni. Nah hal ini bukan serta merta kesalahan mesin motor trail Anda lho,
ada baiknya untuk mengecek jarak tuas kopling motor baru Anda. Karena jika jarak tuas kopling tidak ideal, bisa berpengaruh pada performa mesin.  Jika tidak bisa mengatur dengan tepat antara bukaan gas dan tuas transmisi makan, mesin akan menggerung dengan keras dan motor akan melaju cepat tidak terkendali.

Nah untuk itu, setelan jarak bebas atau free play pada tuas kopling amat diperlukan. Biasanya jarak idealnya adalah antara 1 sampai 2 centimeter.  Namun ini bisa Anda atur sendiri.  Untuk mengukur free play tuas kopling juga terhitung mudah. Cukup tekan sedikit tuas transmisi nanti akan terasa. Meski sudah sedikit ditekan, tetapi kopling belum bekerja, itulah yang disebut free play.

Jadi, jarak handel sebelum ditekan dan setelah ditekan dengan posisi kopling belum bekerja yang mesti diukur.Untuk menghitung jaraknya kami sarankan untuk menggunakan penggaris agara pengukurannya akurat.

Ambil ujung tuas sebagai 0 cm-nya. Lalu, tekan handel dan tahan kalau sudah terasa kopling sedikit bekerja. Nah, hitung berapa jaraknya. Jika ternyata lebih dari 2 cm, agak sulit untuk mengatur irama buka gas dan bukaan handel kopling. Tapi seperti sudah disebutkan di atas, jangan khawatir, mudah kok untuk menyetelnya.

Pertama-tama siapkan kunci pas dengan ukuran 10 mm dan 12 mm. Kemudian silakan cek posisi bagian untuk pengatur free play. Kalau sudah ketemu, akan kelihatan dua baut yang seperti menempel di kabel kopling bawah. Putar ke arah luar. Nanti dua mur akan serentak naik dan tuas akan mulai berubah jarak bebasnya. Setelah pas jarak bebasnya, baut boleh dikencangkan. Kencangkan mur 12 mm dengan diputar ke arah dalam dan mur 10 mm diputar ke arah luar. Selamat mencoba dan semoga performa motor trail Anda sesuai dengan harapan setelah melakukan penyetelan ini.

 

 

comments

`