caption trialgame

Lakukan Ini Jika Klakson Motor Mati!

Tuesday, 7 September 2021

Lakukan Ini Jika Klakson Motor Mati!


Komponen klakson pada motor trail memang tidak terlalu penting. Apalagi jika motor Anda hanya digunakan untuk trabasan. Mau klaksonin siapa coba?  Namun bagi Anda pengguna motor trail dual sport atau supermoto, perlengkapan ini merupakan perlengkapan wajib yang harus ada pada motor Anda, jika ingin tidak ditilang pak polisi saat mengendarai  motor secara harian.

Fungsi klakson sangat bermanfaat bagi pengendara. Saat klakson dibunyikan, pengguna jalan lain bisa mengetahui keberadaan kita. Jika klakson mati, Anda memang bisa saja langsung menggantinya dengan klakson baru. Tapi, ada baiknya jika lkita melacak dulu penyebab matinya klakson tersebut. Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan matinya komponen nah , kita akan coba jelaskan biang keladinya ya.

Yang pertama adalah cek kondisi aki jika klakson mati. Aki merupakan sumber tenaga klakson. Aki yang sudah soak sudah pasti akan membuat klakson tidak ada bunyinya. Ciri-ciri aki yang sudah soak selain klakson yang tidak mau berbunyi adalah lampu yang tidak lagi seterang biasanya atau ketika distarter menjadi lebih sulit.

Setelah aki selesai dicek, selanjutnya Anda bisa memeriksa kabel yang ada hubungan langsung dengan klakson. Umumnya, klakson terdiri dari 2 kabel, yaitu kabel listrik dan kabel massa. Kalau salah satu atau keduanya lepas, maka klakson tidak akan berbunyi.

Oh iya tidak hanya kabel, baut platina yang letaknya di belakang klakson juga tidak jarang menjadi penyebab klakson mati. Posisi baut yang berubah karena pemakaian motor atau benturan bisa membuat klakson tidak mau berbunyi. kalau ini yang terjadi, bukalah mur pengunci dengan tang, kemudian putar baut dengan obeng supaya posisinya kembali presisi. Supaya lebih pas, lakukan penyetelan baut ini sembari menekan tombol klakson.

Bagian terakhir yang harus dicek adalah kondisi sakelar klakson yang ada di bagian stang. Fungsi sakelar bisa terganggu karena adanya kotoran atau karat yang menempel. Lepas rumah sakelar dari stang motor terlebih dulu, lalu bersihkan memakai amplas halus atau bisa juga dengan cairan antikarat. Nah kalo komponen ini sudah menyala, gunakan dengan bijak ya. Jangan sampai penggunaannya membuat kesal pengendara lainnya.

comments

`