caption trialgame

Lakukan Ubahan Mesin ini agar Supermoto Tambah Kebut

Wednesday, 15 April 2020

 

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas cara untuk menaikan akselerasi supermoto tanpa melakukan pembongkaran pada mesin. Cara tersebut memang terhitung efektif tapi rasanya tidak akan cukup jika Anda ingin mengikuti ajang lomba.

Diperlukan modifikasi tingkat lanjut agar performa supermoto bisa optimal, sehingga bisa melaju kencang dan tampil prima di lintasan balap. Nah melalui artikel ini kami akan coba jelaskan beberapa jenis modifikasi tingkat lanjut yang bisa membuat laju supermoto menjadi lebih kencang.

Yang pertama adalah dengan mengurangi berat piston. Komponen yang satu ini memang sangat berpengaruh besar terhadap kinerja mesin. Cara kerja komponen bergerak naik turun pada ruang bakar yang terdapat didalam mesin, untuk mengatur kinerja piston memang benar-benar pas. Sehingga ekstra hati-hati dalam merombak piston pada motor agar tidak bertabarkan.

Setelah itu lakukan modifikasi dengan mengurangi volume ruang bakar yang terdapat pada titik mati atas, dimana tempat bertemunya antar piston dan silinder atau sering disebut dengan ruang compresi. Cara untuk mengurang ruang bakarnya cukup dengan bubut silinder atau gerinda, namun semua itu harus perlu perhitungan yang matang. Agar hasil akhir akan sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan satu lagi penempatannya harus tepat agar tidak bertabrakan.

Mofdikasi selanjutnya adalah dengan merubah gear rodan. Anda bisa mengganti ukuran gear rodan dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran bisanya, semisalnya saja motor Anda menggunakan gear berukuran 46 dan 15. Anda dapat menggantinya dengan ukuran 45 dan 13, namun untuk ukuran tersebut akan sangat berpengaruh pada jalanan yang lurus. Namun akan lemah ketika mendapat jalanan yang menanjak

Usah mengganti gear roda, jangan lupa untuk mengatuk gear ratio juga ya. Gear ratio salah satu komponen yang terletak pada bagian dalam mesin, namun untuk bermain gear ratio. Anda harus melihat ukuran gear rodanya. Agar bisa memperhitungkan perbandingan antara gear ratio dan gear rodanya, dengan kata lain. Jika semakin kecil gear ratio, maka semakin kencang juga performa yang dihasilkan nya.

Noken AS juga komponen yang memiliki fungsi sangat berpengaruh terhadap kinerja mesinnya, namun dalam melakukan perubahan noken AS,Anda harus perhitungkan secara benar-benar agar hasilnya sesuai dengan harapan. Kami sarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik kepercayaan Anda sebelum melakukan hal ini ya.

comments

`