caption trialgame

Lengkapi Motor Trail Dengan Pengaman Tambahan!

Thursday, 5 August 2021

Lengkapi Motor Trail Dengan Pengaman Tambahan!


Kejahatan memang selalu mengintai, salah satu yang paling sering terjadi adalah pencurian kendaraan bermotor. Dan belakangan ini, banyak kejadian motor trail dicuri maling. Oleh karena, rasanya penting untuk keamanan agar terhindar dari hal tersebut.

Sistem keamanan motor trail dari pabrikan memang tidak sebaik, skuter matik (skutik) atau motor sport zaman sekarang. Kebanyakan motor trail tidak dilengkapi kunci pengaman magnetik. Motor trail pada umumnya hanya dilengkapi dengan kunci setang. Padahal, secara dimensi, motor trail lebih sulit dicuri dibandingkan skuter matik (skutik).

Tapi, memang ada beberapa motor trail yang kendati tidak dilengkapi dengan sistem pengaman magnetis, menggunakan sistem pengaman lainnya. Contohnya, seperti pada motor Honda CRF250 Rally. Motor jenis ini tidak menggunakan secure key shutter, tapi sudah dilengkapi pengaman khusus pada kunci kontaknya. Sehingga, jika kunci kontak diputar paksa, akan langsung mematikan fungsi PGM-FI dan pengapian.

Memang secanggih apa pun sistem pengamanannya, motor tetap punya peluang kemalingan. Tapi bukan berarti Anda pasrah tidak melakukan apa-apa bukan? nah kami akan coba berikan beberapa alternatif pengamanan agar motor trail Anda memiliki tingkat keamanan lebih ya.

Yang pertama adalah menggunakan kunci pengamana di tuas rem. Cara kerja kunci pengaman ini adalah dengan cara mengunci tuas rem dan tuas gas. Sehingga, walaupun kunci kontak berhasil dijebol, motor tidak akan bisa dioperasikan karena rem dan gas terkunci. Sayangnya, material besi yang digunakan biasanya kurang baik. Mekanisme di dalam lubang kunci mudah rusak.

Anda bisa juga menggunakan kunci pengamanan pada rem cakram. Jenis kunci pengaman juga salah satu yang paling banyak digunakan. Sebab, ukurannya tidak terlalu besar dan praktis. Material yang digunakan juga cukup kuat. Namun, posisinya yang berada di bawah dan ukurannya yang kecil terkadang membuat pemilik motor justru lupa rem cakram sedang dikunci. Sehingga, saat motor dijalankan, kunci pengaman yang tertahan dapat membuat kaliper atau sokbreker depan menjadi lecet.

Oh iya Anda juga bisa menggunakan Kunci pengaman di sokbreker. Kunci pengaman ini dulu banyak digunakan pada motor bebek. Material yang digunakan juga cukup bagus dan anak kuncinya sulit untuk diduplikasi. Namun, ukurannya cukup besar dan kurang efisien untuk dibawa-bawa. Selain itu, penempatannya di sokbreker depan juga dapat mengurangi estetika. Apalagi jika Anda gemar melakukan trabasan akan bisa terjadi resiko kunci ini akan terserangkut sesuatu di medan offroad.

Dan terakhir adalah menggunakan alarm tambahan. Komponen ini  diyakini cukup efektif untuk membuat maling sulit mencuri motor. Penempatannya yang tidak terlihat bisa mengecoh maling yang beraksi. Namun, penggunaan alarm tambahan tidak disarankan untuk motor baru. Sebab, pengaplikasiannya biasanya harus membuka salah satu kabel. Sehingga, dapat menggugurkan garansi kelistrikannya.

 

Memang semua peralatan di atas hanya untuk mempersulit, memperlambat, atau bahkan mengurungkan niat pencuri. Karena akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengambil motor, kemungkinan bisa gagal saat menjalankan aksinya karena sudah keburu kepergok orang lain. Jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan ya.

comments

`