caption trialgame

Lho! Kok Ada Gumpalan Dalam Mesin Motor Trail

Tuesday, 16 April 2019

   Bagi para pengguna motor trail yang menggunakan radiator, ada kalanya Anda perlu melakukan penggantian seal water pump yang rusak. Hal ini terjadi ketika air radiator masuk ke dalam oli, dan untuk mengatasinya tentu hari mengganti seal water pump-nya dengan yang baru.

   Tapi ternyata, tahukah Anda bahwa meskipun sudah dilakukan pergantian seal water pump dan menguras oli yang tercampur air, ternyata Anda harus tetap harus membersihkan bagian mesin motor juga lho.

   Biasanya setelah seal water pump rusak biasanya akan ditemukan seperti lumpur lumpur di crank case mesin. Bentuknya seperti gumpalan agar-agar kenyal yang berwarna coklat. Jangan khawatir, hal ini adalah hal lumrah karena ternyata gumpalan itu adalah campuran dari air radiator dengan oli.

   Jadi ada setelah melakukan penggantian seal water pump dan menguras oli yang tercampur air, Anda disarankan untuk menguras mesin juga lho. Maklum saja, gumpalan-gumpalan tersebut bisa menganggu kinerja mesin motor trail Anda

   Salah–salah gumpalan tadi bisa menyumbat saluran oli dan membuat asupan oli ke dalam mesin terhambat. Dan jika hal ini terjadi secara terus menerus bukan tidak mungkin mesin akan cepat jebol. Untuk menguras mesin motor trail, biasanya menggunakan solar. Caranya solar dimasukan ke dalam lubang pengisian oli mesin dan motor dinyalakan selama 5 menit. Biarkan secara langsam jangan menggeber mesin ya.

   Setelah itu biasanya solar tadi akan berubah warna menjadi coklat tua. Hal ini menandakan bahwa telah bercampur dengan sisa-sisa air radiator dan bagian dalam mesin sudah kembali bersih. Setelah membuat solar tadi isi kembali dengan oli baru ya. Biasanya hal ini cukup untuk membersihkan bagian dalam mesin.

   Sebenarnya ada satu cara lagi yang lebih detail dan pasti untuk membersihkan gumpalan tadi, yaitu dengan membelah mesin. Namun biaya dan waktu yang dikeluarkan tentu lebih banyak dibandingkan dengan menguras menggunakan solar. Untuk teknik belah mesin akan kita bahas pada ulasan-ulasan berikutnya ya.

comments

`