caption trialgame

Lika-Liku Servis Besar Motor Trail Dual Sport

Thursday, 19 September 2019

Perawatan pada motor trail dual sport harus dilakukan berkala dari 1000 KM, 4000 KM hingga 10.000 KM. Dari perawatan penggantian oli mesin, ganti filter oli serta filter udara yang kerap dilakukan bengkel resmi pabrikan motor trail. Perawatan berkala sudah dijadwalkan oleh pabrikan sesuai dengan buku service yang diberikan ke konsumen.

Nah biasanya motor trail atau motor trail dual sport yang sudah berusia di atas tiga tahun sudah waktunya servis besar. Apalagi kalau dirasakan performa mulai lemot dan knalpot mulai keluar asap warna putih. Servis besar pada dasarnya adalah usaha untuk mengembalikan mesin kendaraan ke performa terbaiknya.

Dalam proses ini, bagian dalam mesin akan dibersihkan, dan kalau ada komponen yang rusak akan diganti. Dengan begitu, sebetulnya performa kendaraan setelah servis besar pada dasarnya hampir menyamai kondisi pada saat baru keluar pabrik. Dan sebagaimana kendaraan pada umumnya, perawatan harian harus tetap dilakukan.

Pada servis besar, umumnya yang akan dilakukan mekanik adalah membongkar mesin mengecek dan membersihkan tiap-tiap komponen. Soalnya, pada jarak tertentu di ruang bakar terdapat kerak sehingga mengganggu proses pembakaran. Sementara komponen yang biasanya diganti di antaranya adalah piston, ring piston, dan packing full set. Piston dan ring piston yang sudah tidak presisi bisa membuat oli merembes ke ruang bakar dan pada akhirnya menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot.

Berbeda dengan ruang bakar, tidak disaranakn untuk melakukan pembersihan padai bagian bak engkol mesin atau crankcase, yang di dalamnya terdapat komponen semisal alternator, kopling, gigi transmisi, poros engkol, dan lain-lain. Bagian itu tidak perlu dibersihkan. Soalnya, justru yang baik adalah tiap komponennya dilapisi oli.

Selain ganti oli, perawatan lainnya yang harus dilakukan adalah melakukan servis ringan. Berbeda dengan servis besar yang menyasar komponen mesin, pada servis kecil fokus perbaikan adalah membersihkan karburator. Sama seperti ganti oli, servis ini juga baiknya dilakukan secara berkala. Semua bisa dilihat di buku manual.

Agar sirkulasi oli lancar terutama saat baru akan dipakai, baiknya nyalakan motor dengan cara kick starter. Lebih spesifik, lakukan kick starter dalam keadaan kontak mati sebanyak beberapa kali. Baru kemudian nyalakan kontak.Terakhir adalah melakukan pergantian komponen-komponen yang memang sudah rusak. Ada beberapa komponen seperti kampas rem yang memang harus mengalami pergantian secara berkala.

Image credit : dirtbikemagazine.com

comments

`