caption trialgame

Limbah Motor Trail Laris Diburu

Sunday, 3 February 2019

Trend tidak hanya muncul di dunia fashion tapi juga dalam dunia otomotif.  Akhir-akhir ini trend modifikasi dan scratch build sepeda motor semakin digemari, hal ini berimbas pada beberapa jenis limbah spart part motor tertentu yang diburu para customizer.

Ada dua jenis motor yang limbah sparepart-nya bisa digunakan kembali, yakni motor gede (moge) dan motor trail. Jenis motor yang biasanya dipadukan dengan limbah sparepart moge adalah motor–motor jenis sport bermesin 250 cc dan 400 cc. Sedangkan, limbah motor trail untuk kapasitas mesinnya 100 cc sampai 250 cc.

Karena digunakan sebagai pelengkap modifikasi, jadi cuma sparepart bagian tertentu saja yang digunakan. Kebanyakan yang dicari itu seperti shockbreaker bagian depan, swing arm dan velg.

Meski tergolong barang bekas, harga limbah sparepart moge dan motor trail masih cukup tinggi, mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 850.000 untuk komponen kecil seperti baut, selang, master rem depan, dan sebagainya. Untuk komponen besar seperti velg, swing arm, knalpot, shockbreaker dan sebagainya, mulai Rp 2,5 juta hingga puluhan juta.      

Sebagai contoh shockbreaker depan trail 250 cc merek Showa, KYB, WP Suspension dan lainnya,  dibanderol mulai Rp 6 – 8 juta dengan kondisi barang layak pakai.

Sedangkan, untuk swing arm ada copotan trail merek KTM series, Yamaha YZ series, Honda CRF series, dilepas dengan harga Rp 3-4 juta. Shock breaker monoshock miliki Showa, KYB, YZ series dibandrol dengan harga Rp 3 - 4juta.

Untuk cara pilih memilihi shockbreaker  depan dan belakang yang baik, bisa dilihat dari kondisi seal yang masih bagus dan tidak getas. Lihat dengan teliti apakah terjadi kebocoran atau tidakk, juga cek rebound dan kompresi dengan cara ditekan, apakah tendangan masih baik atau malah lembak.

Nah salah satu tempat mencari limbah motor ini ada di daerah alam sutera, Tangerang Selatan Banten. Tempat yang dikelola oleh Akip Muhenky ini, sudah menjual beragam limbah motor sejak tahun 2012, kendati awalnya dia memulai dari bengkel biasa.

Akip mengaku bahwa dia mendapatkan pasokan limbah moge dan motor trail dari dalam negeri maupun luar negeri. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan mengimpor langsung dari Amerika, Jepang, dan China untuk memenuhi permintaan pelanggan. Sedangkan pasokan limbah sparepart lokal ia dapatkan dari sekitaran Jakarta dan Bekasi.  Pelanggannya sendiri berasal dari penjuru kota Indonesia, bahkan hingga luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

comments

`