caption trialgame

Mengenal Beragam Istilah Perbaikan Mesin

Monday, 22 April 2019

   Para penggemar motor trail wajib melakukan beragam perawatan untuk meningkatkan dan menjaga performa tunggangan mereka. Mulai dari yang bersifat esensial maupun kosmetik. Salah satu komnponen yang paling sering dilakukan perawatan agar motor trail memiliki perfoma lebih adalah mesin.

   Ada banyak beragam perawatan yang bisa dilakukan pada mesin, namun hanya ada tiga cara untuk melakukannya yaitu dengan membongkar mesin, turun mesin dan membelah mesin. Nah ternyata banyak juga yang masih kurang paham dengan istilah-istilah tadi. Sehingga sering menimbulkan beragam persepsi.

   Biasanya jika mendengar tiga istilah tadi, yang pertama kali terbayang dalam pikiran adalah biaya besar serta waktu yang lama untuk mengerjakannya. Nah untuk itu ada baiknya untuk membahas tiga metode tadi, sehingga tidak menimbulkan prasangka yang tidak-tidak.

  1. Bongkar Mesin
    Bongkar mesin adalah perbaikan motor yang tidak memerlukan turunnya mesin dari motor. Pengerjaan bongkar nesin meliputi pelepasan silinder dan kepala silinder, pelepasan magnet pada bak mesin sebelah kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli. Pengerjaannya meluputi pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan sistem aliran bahan bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga kena jurus bersih-bersih.
  1. Turun Mesin
    Sesuai dengan namanya,turun mesin mewajibkan mesin turun dari dekapan rangka motor. Dan pengerjaan itu tidak dapat dilakukan jika mesin masih menempel di rangka motor. Umumnya turun mesin di lakukan karena ada pengerjaan pada bagian tengah mesin, seperti perbaikan pada kruk-as, transmisi (girbox), atau penggantian as kick starter.
  1. Belah Mesin
    Istilah ini biasanya ada di dunia lomba balap motor. Gunanya untuk mengetahui apakah spesifikasi motor sudah sesuai dengan aturan yang berlaku pada masing-masing lomba. Biasanya tidak semua peserta lomba harus membelah mesin, hanya yang finish pada urutan 1 sampai 5 saja yang biasanya terkena aturan ini.

comments

`