caption trialgame

Mengenal Sistem Dual Clutch Transmission

Thursday, 19 March 2020

 

 

Penjualan motor trail yang semakin meroket di tanah air, berdampak pada semakin bersemangatnya produsen otomotif untuk merilis produk-produk motor offroad mereka. Salah satu yang baru saja meluncurkan produk terbaru mereka adalaha Honda yang merilis motor adventure terbaru mereka yaitu Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports pada awal tahun ini.

Motor yang biasa digunakan pada ajang rally kelas dunia ini, memang terhitung sebagai motor high end yang memiliki bandrol harga lebih dari setengah milyar rupiah. Nah menariknya, salah satu jenis Honda Africa ini menggunakan fitur Dual Clutch Transmission atau yang biasa disebut dengan istilah DCT. Nah melalui artikel ini kita akan ulas apa sih itu DCT.

DCT adalah sebuah inovasi sistem transmisi yang dikembangkan oleh Honda. Penjelasan sederhananya, motor yang menggunakan sistem DCT berarti dilengkapi dengan dua buah kopling (clutch). Jika sebuah motor menggunakan transmisi 6-percepatan, maka clutch pertama digunakan untuk mengoperasikan gigi 1, 3, dan 5, sementara clutch kedua untuk mengoperasikan gigi 2, 4, dan 6. Menariknya, dengan menggunakan DCT maka sebuah sistem transmisi motor, baik itu kopling maupun perpindahan gigi, dilakukan secara otomatis. Boleh dibilang ini merupakan mesin dengan gear box yang butuh perpindahan gigi, tapi perpindahan giginya dilakukan secara otomatis. Beda dengan skuter otomatis yang menggunakan CVT (Continous Variable Transmission), tanpa gear box dan tanpa gigi, sehingga tidak ada perpindahan gigi.

Lantas apa keunggulan dari sistem ini? Penggunanya tidak perlu lagi mengoperasikan kopling dan tidak perlu melakukan perpindahan gigi secara manual, maka mereka bisa lebih fokus dalam mengoperasikan gas, rem, dan meng-handle motor. Keunggulan lainnya, dengan adanya sistem DCT, maka motor bisa melakukan akselerasi jauh lebih baik ketimbang motor dengan transmisi manual konvensional. Hal tersebut memamng sangat memungkinkan karena masing-masing gigi transmisi dioperasikan oleh dua kopling yang berbeda. Gigi 1, 3, dan 5 dioperasikan oleh kopling pertama, sedangkan gigi 2, 4, dan 6 dioperasikan oleh kopling kedua.

Saat mesin masuk gigi 1, maka kopling kedua sudah siap melayani untuk masuk ke gigi 2. Saat mesin di gigi 2, kopling pertama sudah siap melayani masuk ke gigi 3. Begitu seterusnya. Beda cerita ketika menggunakan motor bertransmisi manual, rider umumnya menutup gas, menarik tuas kopling, kemudian baru melakukan perpindahan gigi. Pasti ada jeda waktu sekian detik ketika melakukan perpindahan gigi secara manual. Nah, DCT ini meminimalisir jeda waktu dalam proses perpindahan gigi pada motor bertransmisi manual.

Meskipun dalam kondisi default DCT membuat sistem transmisi dioperasikan secara otomatis, tapi juga bisa dioperasikan secara manual. Tentu saja pengoperasian manualnya tetap tanpa kopling dan tidak ada tuas transmisi di kaki. Sistemnya cenderung lebih mirip seperti transmisi mobil otomatis middle-end atau high-end yang sudah dilengkapi dengan paddle shift. Tinggal pencet-pencet saja tombol transmisi manual yang berada di stang sebelah kiri untuk mendapatkan sensasi perpindahan gigi secara manual.

Khusus untuk Africa Twin DCT, Honda menyematkan beberapa mode, antara lain mode standar manual untuk memudahkan penggunanya dalam memilih antara mode otomatis atau manual melalui tombol di sisi kiri setang kemudi, mode D untuk menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, serta mode S untuk memberikan tambahan performa sport dengan tiga pilihan dari S1, S2 dan S3.

Menurut Honda, DCT pada Africa Twin itu sangat pintar. Misalnya saja saat kondisi jalan menanjak, fungsi upshift adalah menahan mesin berada pada kondisi rpm tinggi sehingga tidak terjadi loss power, sedangkan dalam kondisi jalan menurun downshift terjadi lebih awal untuk memberikan engine brake yang lebih baik. Selain itu, DCT pada Africa Twin sudah disesuaikan dengan karakter motor yang habitatnya di lingkungan off road dan medan adventure!. Tidak heran bukan jika harga motor ini selangit, fiturnya saja luar biasa.

 

comments

`