caption trialgame

Mengintip KLX230 Supermoto Concept

Monday, 7 October 2019

Belum lama ini Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi meluncurkan KLX230 dual sport yang legal dipakai di jalan raya dan KLX230R off-road yang memang hanya bisa dipakai trabasan di hutan atau lintasan tertutup. Belum ada rencana dari pihak Kawasaki untuk merilis KLX230 versi supermoto, tapi jangan khawatir karena ternyata KLX230 versi Supermoto sempat dipamerkan lho di markas mereka.

Motor yang dijululki KLX230 Supermoto Concept menggunakan segudang komponen-komponen mewah dengan harga mahal tentunya. Pada bagian headlight, KLX230 Supermoto Concept menggunakan headlight standar milik motor enduro KLX450R. Oh iya ban standar KLX230 dengan ring 18-21 inch juga dicopot digantikan dengan ban tipe street tapak lebar dengan ring 17-17 inch khas supermoto.

Kemudian di bagian handlebar pakai ProTaper Fuzion yang punya dua mode (flex & stiff), hand guard pakai punya ProTaper, dan hand grip pun menggunakan merek serupa yang berasal dari Amerika Serikat. Komponen yang terpasang di bagian handlebar ini saja sudah terasa mewahnya.

KLX230 Supermoto Concept dibekali suspensi depan model upside down yang diambil dari KLX250S, ban Pirelli Diablo Rosso, rim Excel Takasago, dan swing arm aluminium dari KLX230R. Sementara itu suspensi belakang masih dibiarkan standar bawaan KLX230. Sistem pengereman termasuk cakram pakai punya D-Tracker 150, rantai TK Racing, dan sprocket ROZ. Untuk mendongkrak performa, Kawasaki menyematkan knalpot full system Norifumi Rocket 4 SS.

Komponen pemanis yang terpasang di KLX230 Supermoto Concept antara lain kaca spion Rizoma Tomok, tail light minimalis lengkap dengan lampu sein. Penampilan supermotor concept ini lebih gahar dengan buatan Zerografix Decals.

Ada satu hal minus pada KLX230 Supermoto Concept yaitu ketiadaan rear fender dan tail light yang aman berpengaruh pada keamaan saat berkendara di jalan raya. Dan tanpa dua komponen ini siap-siap saja ditilang pak polisi karena ketidaklengkapan syarat keselamatan jalan raya. Nah buat yang mau modif KLX230-nya mungkin Supermoto Concept ini bisa menjadi bahan contekan, tapi jangan lupa siapin bujet lebih ya, karena part yang digunakan terhitung tidak murah.

Image credit : instagram Kawasaki Indonesia

comments

`