caption trialgame

Mengintip Sistem Kerja Dual Exhaust Motor Trail

Wednesday, 17 June 2020

Mengintip Sistem Kerja Dual Exhaust Motor Trail


Setiap kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar pasti memiliki sistem exhaust. Fungsi utama dari sistem ini adalah membuang gas hasil pembakaran. Sistem gas buang ini disusun oleh beberapa komponen utama, yaitu exhaust manifold atau beken dipanggil header, pipa gas buang (exhaust pipe), catalytic converter, resonator, muffler, dan muffler tip.

Nah biasanya motor trail menggunakan saluran pembuangan dengan menggunakan single exhaust, namun ada beberapa tipe motor trail yang menggunakan dual exhaust namun tetap menggunakan satu mesin silinder, salah satunya adalah Honda CRF250R dan Viar Cross X250SF. Seperti apa sih kinerja dan fungsinya? Kita simak ulasannya ya. 

Mesin jenis ini biasanya memiliki sumber udara untuk pembakaran yang hadir dari Throttle Body awalnya satu jalur, namun jalurnya besar dengan satu klep kupu kupu, setelah itu terbagi dua saat memasuki dua Klep ( valve ) intake . Lalu di bagian Exhaust , ada dua klep ( Valve ) exhaust yang digerakan Via dua rocker arm. Dari masing masing klep dan manifold exhaust ini keluar satu jalur leher knalpot. Pertanyaannya kenapa Harus dua klep dan dua jalur exhaus

Jadi  alasan mendasar beberapa motor menggunakan dual exhaust  walaupun hanya menggunakan satu silinder adalah untuk mempercepat gas buang keluar dari Ruang bakar. Logikanya, Semakin cepat gas terbuang, maka akan mempercepat ruang bakar kosong dan muaranya akan mempercepat pergantian siklus pembakaran berikutnya sehingga secara fisik mesin akan bisa berputar lebih cepat dan lebih bertenaga.

Karena kesempatan udara hasil pembakaran untuk keluar via terbukanya ‘pintu keluar ‘ yang berubah Valve/ Klep exhaust itu dibatasi oleh ukuran Valve dan profil cam/kem maka semakin banyak pintu, maka akan semakin cepat ruang bakar kosong sehingga makin cepat dan makin Banyak volume yang mengisi ruang bakar tersebut.

Oh iya sistem knalpot dual exhaust boleh dibilang tidak berpengaruh pada motor trail yang memiliki  kapasitas mesin kecil ya.  Untuk mendapatkan performa motor yang maksimal dengan kapasitas mesin kecil adalah memilih knalpot yang sesuai. Artinya sesuai dengan konfigurasi knalpot, seperti bentuk dan besar lubang. Makanya tidak ada motor trail bermesin 100 atau 150cc yang menggunakan sistem knalpot dual exhaust.

 

comments

`