Menunggu Implementasi Lampu Led Pada Motor Trail Dual Purpose!
Motor trail dual purpose memang dilengkapi beragam komponen yang membuatnya menjadi street legal. Dan salah satu perlengkapan yang diperlukan adalah lampu headlight atau lampu depan. Saat ini hampir seluruh motor terbaru menggunakan teknologi LED, namun sebagian besar motor trail yang diproduksi oleh pabrikan motor trail besar di Indonesia masih menggunakan headlight dengan lampu bohlam atau halogen pijar biasa.
Hampir semua jenis motor trail yang diproduksi secara loka seperti Honda CRF150, Yamaha WR150R, Kawasaki seri KLX dan D-Tracker, semuanya masih menggunakan lampu bohlam pijar untuk lampu depannya. Apa yang menyebabkan hali ini?
Lampu LED itu, walaupun memang membutuhkan Part elektronik lebih banyak seperti misalnya chipset semi-konduktor, namun umumnya lampu jenis ini menghasilkan terang cahaya yang lebih besar pada penggunaan daya listrik yang sama dibandingkan lampu bohlam halogen. Bentuknya bisa lebih pipih dan terkesan sangat modern .
Lampu LED dipilih karena lebih hemat energi daripada lampu halogen sehingga tidak menyebabkan aki motor cepat habis. Lampu LED dinilai cukup tahan lama meskipun dipakai secara terus-menerus. Lampu motor LED lebih hemat daya dibanding bohlam pijar biasa. Lampu motor LED cocok buat motor injeksi, sebab fuel pump beserta perangkat lainnya juga menggunakan setrum dari aki. Hal tersebut mencegah aki tidak cepat tekor. Selain itu, usia pakai rata-rata lampu jenis ini terbilang cukup lama.
Tapi tidak sedikit juga konsumen yang memang masih mengingikan lampu depan bohlam karena memang cahaya yang agak kekuningan ini lebih ramah saat menyapa mata pengendara lain. Atau mungkin juga kalau trabasan lebih enak dan lebih bagus pakai lampu halogen bohlam pijar untuk menembus padar dan berkabutnya hutan dibandingkan lampu jenis lain.
Namun tampaknya semua memang tinggal menunggu siapa yang bakal menginisiasi hal ini. Rasanya jika satu pabrikan mulai mengimplentasikan lampu LED pada motor trail mereka, pabrikan lainnya akan segera melakukan ancang-ancang sambil menunggu respon.
Jika ternyata responnya bagus, sudah pasti pabrikan lainnya bakal mengekor dengan menggunakan LED sebagia lampu depan mereka. Jadi cepat atau lambat, penggunaan lampu LED pada motor trail dual purpose yang diproduksi di Indonesia bakal terjadi, pertanyaannya adalah siapa dan kapan hal itu bisa terealisasi.