TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Merawat Electric Control Unit Motor Trail!

Teknis Kendaraan 28.12.2022

Merawat Electric Control Unit Motor Trail


Teknologi injeksi bukanlah hal asing pada sepeda motor, bahkan motor trail pun saat ini sudah banyak yang menggunakan sistem injeksi. Salah satu keunggulan motor injeksi yang banyak dijadikan pilihan adalah karena motor ini sangat hemat bahan bakar. Maklum saja motor jenis memiliki  pembakaran yang sempurna sehingga menghasilkan penggunaan bahan bakar yang jauh lebih optimal dan tidak terkesan sia-sia  dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator.

Nah Bagi Anda pengguna motor trail injeksi tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen yang bernama ECU (Electric Control Unit).  ECU ini bisa dibilang memiliki fungsi penting di motor injeksi. Bisa dibilang, ECU berfungsi sebagai pengendali seluruh komponen kelistrikan pada motor.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata komponen ini harus direset secara berkala lho. Banyak manfaat reset ECU motor trail secara berkala, salah satunya untuk mengatasi kode error yang muncul di motor. Ketika proses reset ECU dilakukan, maka seluruh parameter akan dikembalikan sesuai standar pabrikan.

Kemudian apakah ada efek samping dari proses tersebut? Ternyata proses reset ECU adalah hal lumrah lho yang sering dilakukan oleh beragam bengkel resmi saat menservis motor trail dengan sistem injeksi.  Proses tersebut tetap dilakukan dengan ada atau tidaknya keluhan yang dialami konsumen pada motornya. Sebab tidak semua kendala dapat ditampilkan dalam bentuk informasi berupa lampu kedipan MIL (Malfunction Indicator Lamp).

Reset ECU dianjurkan pada saat penggantian aki baru, sering pakai oktan bensin yang berbeda atau motor habis terjatuh. Beberapa masalah seperti tarikan terasa loyo dan gejala brebet atau boros BBM yang bikin berkendara jadi kurang nyaman bisa diatasi. Semua hal tersebut terekam ECU dan membuat mappingnya berubah, saat direset maka semuanya akan kembali seperti pengaturan awal.

Nah jika Anda melakukan ubahan atau penggantian di bagian injektor atau throttle body, reset ECU dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.Meskipun motor dapat hidup dan digunakan kembali, dikhawatirkan ubahan yang dilakukan tidak berfungsi secara maksimal.

Contohnya pembacaan posisi buka tutup katup throttle body yang diatur oleh sensor TPS yang tidak sesuai. Untuk motor yang langsamnya diatur otomatis, hal ini juga bertujuan agar sensor IACV dapat menyesuaikan dengan throttle body yang baru.

Khusus motor dengan fitur Idling Stop System, reset ECU bertujuan supaya fitur tersebut tetap berfungsi meski sudah ada ubahan.Tidak hanya upgrade, proses saat sensor dibongkar pasang ketika dibersihkan juga perlu reset ECU. Nah jadi ternyata mereset ECU itu perlu dilakukan juga ya.

 

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.02.23

Kenalan Dengan Ban Balap Kelas..

Ini Ban Supermoto Yang Banyak Dipakai Pebalap Dunia Banyak ban yang beredar saat ini menawarkan beragam kelebihannya. Masing-masing mengklaim lebih...

News
Teknis Kendaraan 14.02.23

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Italia!

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Asal Italia Pabrikan motor asal Italia, Ducati baru-baru ini meluncurkan pembaruan dari salah satu motor adventure...

News
Teknis Kendaraan 13.02.23

Komponen Rem Kelas Sultan!

Komponen Pengereman High End Supermoto Buat Anda yang memodifikasi motor trail menjadi supermoto, perubahan pada kaki-kaki tentu saja hal yang...