caption trialgame

Modif Mantab Supermoto Honda CRF150L

Saturday, 28 September 2019

Honda memang sukses besar saat meluncurkan motor trail Honda CRF150L. Demam motor trail bukan hanya terjadi di kalangan penggilanya tapi juga pada pelakunya. Produsen otomotif seolah tidak mau kalah dan berlomba untuk meluncurkan motor trail produksi mereka di Indonesia.

Nah hingga saat ini Honda memang hanya meluncurkan Honda CRF150L dalam satu varian. Itupun dengan satu pilihan warna pula, yaitu Extreme Red. Hal ini lah yang kemudian memicu beragam pencinta motor trail untuk melakukan modifikasi ala supermoto pada motor trali jenis ini.

Secara standar penampilan CRF150L yang bergenre dual sport bisa dibilang udah keren. Desainnya cakep dan dapat mengakomodir kebutuhan para rider yang ingin berpetualang di dua alam sekaligus, baik itu on road maupun off road. Apalagi CRF150L dibekali dengan dual purpose ring 18-21 inch.

Nah salah satu hasil modifikasi Honda CRF150L yang cukup unik dilakukan oleh bengkel Caos Custom Bike atau yang biasa dikenal dengan nama CCB. Bengkel ini memang sudah memiliki reputasi tersohor sebagai bengkel modifikasi trail dan supermoto, yang karya-karyanya selalu berbeda. Yang membedakan dari hasil modifikasi lainnya adalah, Honda CRF150L diubah dengan menggunakan kaki-kaki milik motor Aprilia. Wow mantab bukan?

Yang membedakan supermoto dengan motor trail lainnya adalah kaki-kaki tentunya dan penggunaan bekas limbah motor Aprilia benar-benar membuatnya berubah drastis. Supermoto ini menggunakan swing arm kepunyaan Aprilia RXV 450 dan hal ini membuat perubahan yang amat mencolok. Tapi penggunaan swing arm ini tidak bisa langsung dipasang karena link uni track pada shock belakangnya harus dirubah agak shockbreaker standar bawaan Hondar CRF150L bisa digunakan. Oh iya selain itu bushing roda dan braket kaliper juga perlu disesuaikan kembali.

Penggunaan pelek super lebar, makin mengentalkan aura supermoto di CRF 150L, peleknya menggunakan keluaran DID dengan lebar 3,00x17 di bagian depan dan 4,00x17 pada bagian belakang. Pelek ini dibalut karet hitam keluaran Pirelli MT60 ukuran 120/70-17 depan dan belakangnya 160/60-17.

Agar posisi riding dan pengendalian motor lebih nyaman, digunakan setang keluaran Protaper yang dibalut handguard dari Acerbis. Posisi stang sendiri langsung bolt on, sehingga tidak yang perlu dirubah kembali.

Image credit : instagram CCB

comments

`