caption trialgame

MOGE KINI MELEBARKAN SAYAP KE DUNIA ADVENTURE!

Tuesday, 13 September 2022

Makin Ramai Persaingan Motor Adventure Mesin Besar!

 
Produsen motor asal Italia, Aprilia kembali memperlengkap jajaran produknya di pasar otomotif Indonesia. Kali ini mereka meluncurkan motor adventure bermesin besar Tuareg 660 untuk pasar lokal Indonesia.  Motor gagah segala medan itu dilahirkan dari basis yang sudah ada sebelumnya, yakni Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Dari segi desain, Aprilia Tuareg 660 memiliki visual yang gagah. Mulai dari bagian fascia, memakai lampu model Tri Led Lamp dengan DRL yang mirip-mirip dengan produk Aprilia lainnya. Kemudian motor ini dibekali juga dengan komponen windshield dan hand guard yang berfungsi menghalau kerikil atau ranting ketika diajak berkendara di jalur ekstrem. Tongkrongan di depan makin gagah berkat penggunaan suspensi berjenis upside down dengan tinggi travel mencapai 240 mm.

Meniliknya dari samping, aura tangguhnya tetap konsisten dengan penggunaan layout bodi yang minimalis dan tajam di bagian shroud. Tak lupa sesuai temanya, pada sektor bawah motor dibekali dengan cover engine yang berfungsi sebagai proteksi dari rintangan yang tinggi. Desain knalpot besar dan menjulang tinggi turut memperkuat identitas serba bisa dari produk tersebut.Mundur ke belakang, visualnya tak kalah menarik. Pabrikan tidak membekalinya dengan bodi plastik namun sengaja memperlihatkan komponen rangka agar auranya makin tangguh. Lampu belakang dari motor ini sudah berteknologi LED dengan visual yang menyerupai kepunyaan RS dan Tuono 660.

Bersaing di segmen adventure,, tentu saja konstruksi kaki-kaki jadi hal yang sangat penting.Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, haluan depan dari motor ini sudah menggunakan suspensi upside down garapan Kayaba dengan travel 240 mm. Untuk menambah keasyikan berkendara, peredam depan sudah memiliki fungsi pengaturan yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kondisi jalan.

Sementara di belakang, lengan ayun berbahan alumuniumnya menjadi penyangga suspensi tunggal Kayaba yang juga memiliki travel di 340 mm. Serupa di depan, suspensi belakang ini turut dibekali dengan opsi pengaturan.Adapun untuk peleknya, Tuareg 660 menggunakan ukuran yang berbeda. Di depan pakai size 21 inci dengan 90/90 dan di belakang mengusung ukuran 18 inci profil bal 150/70. Seluruh ban sudah memakai tipe garuk tanah dan memiliki fungsi tubeless.

Terkait mesin, jantung pacunya berbagi platform dengan kepunyaan Aprilia RS dan Tuono 660. Namun untuk menyesuaikan gaya dan tema motor, ada perbedaan dari segi output mesin. Rangkanya menggendong mesin berkubikasi 659 cc DOHC, 4-tak, 2-silinder, pendingin cairan, pendingin oli, dan berpengabut injeksi. Racikan itu mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 59 kW atau 79 daya kuda pada 9.250 rpm dan torsi puncak menyentuh 70 Nm di puntiran mesin 6.500 rpm.

Keseluruhan outputnya disalurkan langsung lewat transmisi manual kopling 6-percepatan dengan teknologi assist and slipper clutch. Mesin yang diusung Aprilia Tuareg 660 di pasar Indonesia sudah mengantongi standar emisi Euro 5.

Untuk penghenti laju Aprilia Tuareg dibekali pengereman cukup apik. Di depan dikawal dengan sepasang cakram 300 mm dan kaliper 4 piston dari Brembo. Sementaa di belakang di ditopang dengan 1 kaliper berukuran 260 mm yang juga diproduksi dari vendor Brembo. Melengkapi keduanya, pabrikan menyematkan teknologi ABS (Anti-lock Braking System).

Buat melengkapi keasyikan berkendara, Tuareg 660 disematkan juga 4 riding mode yakni Urban, Explore, Offroad, dan Individual. Fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System) sudah terpasang di roda depan atau belakang dengan kontrol atau pengaturan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. Gimana? Mantab bukan ?

comments

`