caption trialgame

Motor Trail Injeksi Jangan Asal Ganti Busi!

Thursday, 10 March 2022

Motor Trail Injeksi Jangan Asal Ganti Busi!


Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Jika kemampuan busi sudah melemah maka proses pembakaran pun juga akan kurang maksimal. Sehingga menyebabkan mesin motor pun sulit untuk dihidupkan. Tak hanya itu, gejala mesin motor yang sulit dihidupkan pun juga menjadi pertanda bahwa bisa jadi adanya masalah di area busi.

Nah untuk Anda yang menggunakan motor trail yang menggunakan teknologi injeksi, ternyata asal menggunakan busi bisa menimbulkan efek negatif pada motor trail Anda lho. Dan jika dibiarkan ECU motor trail Anda bisa terkena dampaknya.

Motor trail injeksi harus menggunakan busi yang memiliki resistor dan biasanya ini ditandai dengan kode produk R pada beberapa produsen busi. Fungsi utama resistor ini untuk mencegah terjadinya lonjakan gelombang elektromagnetik pada busi.

Ada efek yang timbul jika motor injeksi memakai busi tanpa resistor seperti yang ditemukan pada busi motor karburator. Ternyata efek dari gelombang elektromagnetik yang muncul bisa mengganggu pembacaan sensor-sensor di motor injeksi. Awalnya hanya mengganggu saja, tapi lama kelamaan pasti bisa memunculkan kode error.

Motor injeksi yang menggunakan busi biasa dan tidak dilengkapi resistor memang awalnya tetap bisa menyala dan berjalan normal. Namun jika masalah tersebut dibiarkan ECU akan terganggu. Pasti lama kelamaan bisa bikin rusak imbas dari gelombang elektromagnetik yang tidak diredam oleh busi tersebut. Jadi memang untuk motor injeksi wajib hukumnya menggunakan busi dengan kode R atau memiliki resistor tersebut daripada ECU motor trail Anda rusak dan harus keluar uang jutaan.

Namun jika dalam keadaan darurat misalnya saat Anda trabasan dan busi motor trail Anda ngadat, serta hanya tersedia busi biasa, mau tidak mau keadaan yang harus memaksa. Tapi jangan lupa ya, setelah Anda selesai, segera ganti dengan tipe busi yang semestinya, karena seperti sudah dijelaskan di atas, fatal akibatnya jika lalai.

 

comments

`