caption trialgame

motor trail masih karbu? upgrade ngga ya?

Monday, 17 October 2022

Peran Vital Karburator di Motor Trail!


Fungsi karburator motor sangat penting untuk proses pembakaran. Komponen ini bertugas mengumpulkan dan mencampur udara serta bahan bakar dari kendaraan. Sehingga bahan bakar jadi lebih mudah terbakar dan menjadi tenaga. Meskipun saat ini penggunaan karburator sepeda motor mulai berkurang karena banyak sepeda motor kini yang sudah beralih ke sistem injeksi, namun motor trail yang masih menggunakan karburator masih memiliki pengguna setianya lho.

Karburator sendiri bekerja dengan metode yang mirip semprotan nyamuk. Cairan bahan bakar dihisap dan diubah menjadi kabut, untuk melakukan proses ini karburator mengandalkan gerakan pada piston yang bergerak turun saat melakukan langkah hisap. Kabut bahan bakar inilah yang akan digunakan di proses pembakaran dan banyak atau sedikitnya kabut yang dihasilkan untuk diteruskan ke ruang pembakaran, semua bergantung pada bukaan selongsong gas dari sepeda motor yang Anda kendarai.

Cara kerja karburator sepeda motor memang masih sangat manual jika dibandingkan dengan sistem injeksi. Namun jika terjadi kerusakan atau ingin mengubah pengaturan, mengutak-atik karburator tentunya lebih mudah ketimbang mengatur sistem injeksi. Tak perlu alat canggih, yang perlu Anda lakukan cukup menggunakan obeng minus (-). Misalnya jika Anda ingin mengatur agar penggunaan bahan bakar bisa lebih irit, Anda hanya cukup putar setelan gas dan bahan bakar agar debitnya berkurang. Bahkan jika Anda ingin kalau memodifikasi seperti ganti pilot jet dan main jet dengan ukuran lebih besar agar aliran BBM lebih lancar juga bisa dilakukan dengan mudah

Agar karburator kondisinya tetap prima, Anda perlu melakukan perawatan sederhana. Masalah yang sering terjadi pada karburator biasanya seputar bagian yang terlalu kotor atau kemasukan air. Meski terlihat sepele, namun permasalahan ini bisa membuat sepeda motor jadi sulit dihidupkan. Bagaimana cara yang benar untuk membersihkan karburator?

Pertama-tama lepaskan karburator dari dudukannya dengan bantuan kunci pas. Setelah itu buka bagian mangkok atau penutup karburator dan bersihkan bagian tersebut dari endapan maupun cairan dengan menggunakan kuas.  Setelah itu lakukan juga pembersihan pada bagian penyaring udara karburator. Agar lebih mudah, lepaskan dulu bagian ini dari karburator, bersihkan secara hati-hati dengan pembersih khusus penyaring udara. Jika sudah bersih, Anda bisa keringkan dengan cara diangin-anginkan saja.

Pastikan juga Anda membersihkan bagian Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet. Ketiga bagian pada karburator ini memiliki peranan yang penting pada cara kerja karburator motor. Karena ukurannya yang kecil, bagian ini memang jadi bagian yang sulit dibersihkan dan harus ekstra hati-hati. Pertama-tama lepaskan ketiga bagian tadi. Untuk bagian pilot jet & main jet, Anda bisa membersihkan dengan cara meniup bagian lubang dengan alat kompresor. Sementara untuk bagian needle jet, Anda bisa membersihkannya dengan kuas.  Setelah bersih, Anda bisa kembali memasang semua komponen karburator satu per satu seperti semula dan memasangnya kembali.

comments

`