caption trialgame

Motor Trail Mengkilap, Dipandang Pun Sedap!

Tuesday, 15 March 2022

Motor Trail Mengkilap, Dipandang Pun Sedap!


Membersihkan motor trail selepas digunakan trabasan adalah hal yang wajib dilakukan, tapi bukan bearti motor trail yang digunakan sehari-hari boleh kotor-kotoran dong. Sayang dong motor trail Anda jika malas dibersihkan. Bukan hanya tidak enak dipandang, tapijuga bisa mengurangi performa lho jika motor terus menerus dalam keadaan kotor.

Nah buat Anda yang biasa membersihkan motor trail sendiri, tentu sudah mengalami sulitnya membersihkan bagian mesin ya. Memang, kotoran blok mesin sering kali sulit dihilangkan, terlebih saat sudah menumpuk dan bercampur dengan sisa oli yang melekat pada permukaan mesin. Hal inilah yang membuat perlu usaha ekstra untuk membuat mesin kembali bersih. Tapi sebenarnya ada lho cara sederhana bikin mesin kembali bersih. penasaran? Simak penjelasannnya di bawah ini ya.

Yang pertama adalah siapakan siapkan alat dan bahan, seperti air, metal polish, kain berbahan lembut, sampo motor, amplas, dan ember. Kemudian posisikan motor bertopang pada standar dua. Ini bertujuan untuk membuka ruang lebih banyak pada bagian mesin sebelum mulai dibersihkan sehingga lebih mudah untuk  mengilapkan mesin motor.

Basahi terlebih dahulu seluruh bagian mesin motor. Kemudian bersihkan blok mesin dengan menggunakan alat sikat yang sudah diberi cairan sampo hingga berbusa. Busa ini akan mengangkat minyak yang melekat pada permukaan blok mesin. Setelah mencucinya, lap mesin motor hingga kering dengan menggunakan kain kering berbahan lembut.

Jika blok mesin sudah benar-benar kering, kini saatnya untuk mengeksekusi noda yang membandel. Anda dapat menggunakan amplas untuk menghilangkan noda-noda tersebut amplas merata ke seluruh bagian blok mesin untuk memastikan noda sudah terangkat semua.

Selanjutnya, untuk membuat mesin kembali kincolong adan bisa menggunakan metal polish. Cairan ini merupakan produk khusus untuk mengilapkan metal atau besi. Usapkan metal polish secara merata pada seluru permukaan blok mesin. Gosok terus hingga permukaan blok mesin benar-benar mengilap. Diamkan selama beberapa saat hingga metal polish benar-benar mongering dengan sempurna.

Langkah berikutnya adalah mengecek kembali permukaan blok mesin. Jika masih ada noda yang membandel, Anda dapat menggunakan lap kering dan menggosoknya hingga noda tersebut hilang.

Hal ini dapat Anda lakukan setiap minggu jika memiliki waktu lho, namun yang terpenting saat musim hujan. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam air hujan akan berdampak pada kondisi kendaraan. Ditambah lagi dengan adana PH pada air hujan yang dapat menimbulkan noda membandel pada blok mesin. Jika mesin motor terkena air hujan, segeralah bilas dengan menggunakan air bersih. Kemudian, lap dengan kain kering hingga tidak ada air yang tertinggal di permukaan. Dijamin, mesin motor Anda akan selalu kinclong setiap saat!

comments

`