caption trialgame

Motor Trail Tunggangan Valentino Rossi

Thursday, 21 May 2020

Motor Trail Tunggangan Valentino Rossi


Italia menjadi salah satu pusat pandemi COVID-19 di Eropa. Untuk beberapa waktu, seluruh kegiatan di negara ini seolah lumpuh. Setelah beberapa bulan mengalami lockdown, perkembangan virus COVID-19 semakin menurun, dan dampaknya pemerintah Italia mulai memperbolehkan beberapa venue olahraga untuk menggelar latihan tertutup.

Nah salah satu venue olah raga yang diperbolehkan adalah Motor Ranch VR46. Venue ini merupakan milik pebalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi. Dan uniknya setelah sekian lama tidak menggeber motor, Rossi lebih memilih memacu motor trail di lintasan motocross yang dimilikinya.

Rossi terlihat memacu motor trail Yamaha YZ250F bernuansa kuning ditemani oleh dua anak didiknya yaitu Luca Marini dan Franco Morbidelli. Nah buat yang penasaran spesifikasi motor trail yang digunakan oleh juara dunia 9 kali MotoGP ini, simak ulasannya ya.

Rossi menggunakan Yamaha YZ250F model year 2020 yang didukung oleh mesin 250 CC liquid cooled DOHC 4-tak. Mesin ini juga memiliki 4 katup yang menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi 44mm dari Mikuni. Yamaha YZ250F dilengkapi dengan elektrik starter dan disokong oleh aki Li-ion.

Rangka motor ini terbuat dari aluminium bilateral frame yang didesain untuk menyerap getaran dan hentakan dengan lebih baik. Sasis ini pun dibuat lebih rigid guna meningkatkan kemampuan ketika menikung. Oh iya motor ini juga dilengkapi dengan tombol engine mapping di handlebar dan didukung oleh hingga setup motor dari HP yang terhubung melalui wireless menggunakan aplikasi smartphone Yamaha Power Tunner APP.

Motor ini juga dilengkapi dengan oil-spring fork dan suspensi KYB Speed-Sensitive System terbaru. Untuk suspensinya bisa dikatakan merupakan yang paling empuk di kelasnya, sehingga membuat YZ250F menjadi motor paling stabil. Tak hanya membuat kenyamanannya ditingkatkan, tetapi juga nyaman saat dikendalikan, mudah ditekuk di tikungan dan memiliki daya cengkeram yang mumpuni, gesit dan ringan.

YZ250F model 2019 kini memiliki mesin DOHC electric-start terbaru. Meskipun tenaga dan torsinya tidak sebesar model motor trail MX four-stroke lainnya, mesin YZ250F masih menjadi yang terbaik. Dengan menawarkan performa low-end ke mid-range serta torsi yang cukup kuat. Walau mesin bertenaga top-end yang kompetitif tidak memiliki gear rasio seperti KTM 250 SX-F dan Husqvarna FC 250.

Spesifikasinya sederhana sebenernya, tapi ditangan Rossi, motor ini terlihat tampil garang dengan performa luar biasa. Mungkin faktor pengendaranya yang berperan besar ya.

 

 

comments

`