caption trialgame

Mudah Merawat Knalpot Racing

Tuesday, 10 March 2020

 

Knalpot merupakan komponen yang termasuk cukup vital pada setiap kendaraan. Knalpot ini bertugas memproses kembali hasil pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen yang terjadi diruang bakar, agar dapat dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan. Apabila knalpot tidak berfungsi sebagaimana memungkinkan terjadinya boros bahan bakar serta tenaga motor trail yang kurang optimal.

Umumnya knalpot memiliki masa kegunaan yang cukup lama. Namun dengan masa atau usia tersebut memungkinkan terjadinya korosi atau karat pada komponen gas buang yang terjadi karena perbedaan suhu di dalam dan diluar pipa knalpot. Bahkan Anda bermukim di daerah dekat pantai maka korosi akan cepat terjadi yang diakibatkan oleh kandungan garam yang cukup tinggi pada udara sekitar dan memungkinkan kotoran yang ada lebih mudah menempel dibandingkan bagi anda yang mempunyai lokasi tempat tinggal jauh dari pantai. Nah kami memiliki beberapa tips dan cara agar knalpot motor trail tetap berada pada peforma yang maksimal serta mempunyai tampilan yang bersih. Simak bersama ya.

Knalpot standar motor trail 4- tak cenderung kering. Panas yang dihasilkan mesin akan cepat menimbulkan karat dan kekuningan karena mempelnya kotoran yang begitu cepat. Maka dari itu disarankan panaskan mesin secukupnya, jangan terlalu lama.

Bersihkan lubang buang pada silencer dengan cara memberikan oli secukupnya dalam lubang silencer tersebut dalam waktu dua bulan sekali. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran atau mengeroposnya knalpot pada bagian silencer maupun leher knalpot yang berdekatan dengan silencer. Karena jika terjadi kebocoran atau kropos pada knalpot ini akan menghasilkan suara yang mengganggu , tenaga yang terasa loyo dan tidak ramah lingkungan

Jika sudah terjadi korosi pada knalpot maka segera bersihan kotoran yang menempel tersebut dengan sikat yang masih bagus dan kuat. Caranya yakni memanfaatkan detergen yang dioleskan di bagian knalpot yang kotor atau berkarat. Lalu sikat dengan kuat-kuat kotoran atau karat tersebut hingga bersih. Jika kotoran membandel Anda dapat menggunakan sikat kawat agar lebih mudah dalam membersihkan kotoran atau karat tersebut.

Jika bagian pipa knalpot sudah bersih maka lakukan perawatan pembersihan bagian tersebut dengan cara mengoleskan oli bersih pada leher knalpot ini dengan merata. Lalu hidupkan mesin cukup sekitar dua menit agar oli tersebut menyerap dan lama-kelamaan leher knalpot akan lebih bersih seiring dengan mengelupasnya oli yang kepanasan tersebut.

Apabila bagian silencer knalpot original kendaraan Anda berbahan chrome maka lap dengan kain lembut agar tidak mimbulkan goresan yang menyebabkan kurang baiknya penampilan kendaraan anda. Jika ada noda yang membandel pada bagian luar silencer knalpot dapat dihilangkan dengan memanfaatkan oli bekas yang masih baik.

Selalu periksa lubang pembuangan air yang terdapat pada bagian bawah silencer setiap knalpot. Jika tersumbat maka tusuk lubang pembuangan air tersebut dengan lidi ataupun paku kecil. Dan yang terakhir adalah periksa kebocoran paking knalpot serta periksa kekencangan baut penyangga knalpot. Karena jika hal tersebut terlewatkan akan menghasilkan proses pembuangan gas yang tidak sempurna yang mengakibatkan borosnya pembakaran bahan bakar.

comments

`