caption trialgame

Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri!

Tuesday, 14 September 2021

Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri!

Motor trail yang digunakan untuk trabasan, umumnya masih menggunakan ban tipe tube yang memiliki ban dalam. Namun untuk para pengguna motor trai dual sport, apalagi jika tipenya supermoto, makan ban tubeless biasanya akan menjadi pilihan utama.

Meski sering dianggap tahan bocor, namun nyatanya ban tubeless tetap saja bisa bocor. Bedanya angin tidak akan langsung keluar asalkan paku atau benda tajam yang menancap tidak langsung dicabut. Beda cerita jika menggunakan ban tubetype. Pastinya ban lansung bocor dan bisa membuat pengendara mengalami kecelakaan, karena motor menjadi tidak stabil saat dikendarai.

Apapun ban yang digunakan, tentu tetap membutuhkan perawatan. Dalam merawat ban juga sangat gampang. Yang paling penting jangan sampai ban mengalami aus atau gundul. Pasalnya ban yang sudah gundul gampang bocor. Nah apabila hal ini terjadi, maka Anda harus cepat-cepat membeli ban yang baru. Namun jika keadaan tidak memungkinkan untuk membeli ban baru, mau tidak mau harus menambalnya. Untuk menambal ban tubeless bisa datang ke tukang tambal ban ataupun ke bengkel terdekat.

Lalu bagaimana jika saat berpergian jauh dan tidak menjumpai tukang tambal ban? Anda tak perlu khawatir, karena sebenarnya hal ini bisa dilakukan sendiri  dengan alat khusus yang bisadidapatkan dengan mudah di toko spare-part. Alat khusus yang sering disebut sebagai “Tire Repair Kit”. Alat tersebut dijual bebas di toko spare-part motor atapupun toko online. Harga alat tambal ban tubeless tersebut juga sangat murah. Anda  hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 15-50 Ribu. Alat tersebut dijual satu set, dan didalamnya sudah ada pengait, karet penambal, lem, dan alat membuka lubang atau kikir.

Tire Repair Kit bisa dibeli untuk berjaga-jaga jikalau mengalami ban bocor saat dapat perjalanan. Selain itu, Anda harus menyiapkan pompa agar nantinya bisa mengisi angin pada ban yang bocor. Tentu sangat ribet membawa pompa saat berpergian. Namun saat ini sudah ada pompa portable yang bentuknya ringkas, sehingga mudah dibawa untuk dimasukan ke bagasi ataupun di dalam tas.

 Nah cara menambal ban tubeless yang pertama adalah mencabut paku atau benda tajam yang menancap menggunakan tang ataupun pengait lainnya. Pastikan semua penyebab kebocoran dicabut semua sebelum nantinya melanjutkan cara menambah ban tubeless selanjutnya. Setelah paku dicabut, jangan lupa memberi tanda dimana kebocoran berasal. Anda juga bisa langsung memperlebar lubang tersebut menggunakan alat pembuka lubang atau kikir yang bentuknya seperti mur atau kepala bor. Kemudian masukan alat tersebut pada titik yang bocor dan gerakan maju mundur sampai lubang longgar. Cara menambal ban tubeless ini bertujuan untuk melonggarkan titik kebocoran agar memudahkan dalam memasukan karet penambal.

Pada paket penjualan Tire Repair Kit sudah disediakan karet penambal yang nantinya digunakan untuk menambal titik kebocoran. Biasanya disediakan tiga karet. Silahkan ambil salah satunya lalu potong menjadi setengah. Kemudian masukan karet tersebut ke titik kebocoran menggunakan pengait yang telah dilumuri lem. Masukan hingga setengah inci, kemudian cabut alat pengait secara pelan-pelan.

 

Hati-hati saat memasukan karet ke titik kebocoran. Jangan sampai karet tersebut masuk ke dalam ban. Nah setelah karet menempel, lalu tunggu hingga kering. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga akhirnya benar-benar mengering. Setelah itu gunting sisa karet yang menonjol agar hasil tambalan terlihat rapih dan tidak menganggu performa ban saat dipakai berkendara.

Setelah itu tinggal mengisi angin menggunakan pompa atau kompresor. Pastikan tidak ada angin yang keluar dari cela-cela titik kebocoran. Apalagi angin masih keluar, itu artinya Anda gagal menambal ban. Silahkan ulangi langkah di atas sampai kebocoran ban benar-benar teratasi. Gimana mudahkan ternyata ?

 

comments

`