caption trialgame

Mudahnya Merawat Komstir Motor Trail

Saturday, 14 September 2019

Komstir adalah komponen penting bagi kenyamanan saat berkendara menunggangi motor trail. Fungsi komstir atau istilah asinya, steering head, adalah menyeimbangkan dan menstabilkan stang motor serta meminimalisir terjadi getaran.

Untuk mendapatkan kinerja yang optimal dan maksimal, maka kekencangan komstir harus diatur sedemikan rupa untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda. Kekencangannya dapat diatur dengan menyetel mur pengunci atas dan mur stabiliser kekencangan laher di rumah dudukan steering head.

Nah bagi para pengguna motor trail yang sudah pasti sering melewati beragam lintasan yang bergelombang atau jalan yang rusak, disarankan untuk menggunakan setelan komstir yang sedikit longgar. Dengan setelan yang agak longgar, manuver jadi lebih ringan, meski komponen lain seperti bearing bakal lebih cepat bermasalah. Setelan yang terlalu longgar juga akan membuat stang motor bergoyang pada kecepatan tinggi.

Tetapi jika Anda pengguna motor trail dual sport yang lebih sering memacu tunggangan Anda pada jalan mulus beraspal. Sebaiknya setelan steering head pada motor trail Anda diatur dengan setting yang lebih keras. Tapi ingat jangan terlalu keras juga menyetelnya, karena akan membuat Anda kesulitan saat akan membelokan motor trail.

Kerusakan pada komstir, biasanya terjadi saat dudukan bola atau pelor dalam kompenen tersebut dalam kondisi aus. Ausnya bola atau pelor tadi bisa disebabkan karena perawatan yang kurang maksimal. Jangan lupa untuk selalu melumasi steering head dengan pelumas atau gemuk, karena ketika bola dan mangkuk komstrir kering, maka stang motor trail anda menjadi berat karena gesekan yang terjadi diantara keduanya. Dan efeknya, putaran mur pengikat komstri menjadi kencang seiring dengan gerakan stang motor Anda. Nah jadi jangan malas ya untuk memberikan pelumas pada komstir motor trail Anda ya.

Image credit : dirtbikemagazine.com

comments

`