caption trialgame

Ngga Cukup Sekali Servis Motor Kena Banjir!

Tuesday, 23 February 2021

Ngga Cukup Sekali Servis Motor Kena Banjir!


Setelah hampir setahun, banjir kembali menyapa Jakarta pada 19 februari lalu. Bukan hanya Jakarta, namun hampir sebagian besar wilayah Jawa Barat pun ikut merasakan akibat tingginya curah hujan yang turun.  Kendati di beberapa daerah banjir mulai surut, namun para ahli mengatakan bahwa kemungkinan besar banjir seperti ini akan terjadi kembali pada akhir Maret dan awal April mendatang.

Buat yang kurang beruntung mungkin akan mengalami motor trail kesayangan mereka terendam banjir. Kendati sudah biasa menerabas banjir tapi kondisi terendam banjir berbeda ya. Lantas jika motor trail terendam banjir, apa perlu diservis besar ?sebenarnya motor yang terendam banjir tidak memerlukan servis besar, tapi cukup dibawa ke bengkel terdekat kemudian   kuras oli mesin, bersihkan busi, dan pastikan tidak ada kabel konslet.

Kendati tidak perlu servis besar sampai turun mesin, ada beberapa komponen yang perlu diganti karena sudah mengandung air. Ganti semua jenis oli yang ada di motor, ganti filter udara, ganti busi. Jangan sepele sama kabel-kabel yang kena air, kalau dibiarkan bisa korslet.

Biaya servis motor terkena banjir tidak mahal, asalkan Anda tidak nekat menghidupkan motornya setelah terendam banjir. Karena jika hal ini dilakukan, siap merogoh kocek dalam-dalam karena motor trail Anda harus turun mesin. Untuk biaya servis seperti ini biasanya hanya berkisar pada angkat 150 ribuan saja.

Nah tapi tahukah Anda, kendati Anda telah melakukan servis pasca banjir, ternyata hal ini tidak bisa dilakukan sekali saja lho. Seminggu setelah servis disarankan untuk kembali mengunjungi bengkel untuk melakukan pemeriksaan pada komponen-komponen yang telah diganti pada servis sebeulmnya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi air yang ada di dalam mesin. Perlu dilakukan pengecekan  pengecekan pembakaran di busi, dan pastikan fungsinya masih maksimal.  Selain itu, bisa juga menggunakan engine flush yang dicampur ke oli mesin. Fungsi dari engine flush ini yaitu untuk menguras bagian dalam mesin sampai bersih.

 

comments

`