caption trialgame

Operasi Zebra, Motor Trail 'Lagi-lagi' Harus Waspada

Wednesday, 23 October 2019

Untuk teman-teman pengguna jalan raya, mulai hari ini (23 Oktober 2019) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Zebra Jaya 2019 sampai hingga 5 November 2019. Operasi yang bakal melibatkan lebih dari 2000 personel gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI ini, digelar agar situasi lalu lintas aman, tertib, lancar, serta mengurangi angka kecelakaan pada lokasi-lokasi rawan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir dengan diselenggarakannya operasi ini para pengendara akan semakin tertib saat berkendara di jalan raya. Selain itu tingkat keselamat juga meningkat.Menurut dia, ada beberapa jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam operasi ini. Salah satunya pelanggaran berkendara menggunakan ponsel, pengendara yang tidak memiliki SIM dan STNK dan melawan arah.

Nah ada catatan untuk Anda para pengendara motor trail. Bagi Anda yang menggunakan motor trail dual sport, pastikan bahwa segala syarat kendaraan laik jalan sudah Anda patuhi. Jika Anda mencopot kaca spio, lampu sen, lampu depan dan lampu belakang, karena motor trail dual sport Anda sering diajak berpetualang, kami sarankan untuk segera memasang kembali perangkat tadi ya. Karena tanpa kelengkapan kendaraan yang sesuai standar laik jalan, sudah pasti bapak Polisi akan menghadiahi Anda surat tilang yang konon nominalnya cukup untuk melakukan sebuah modifikasi ringan pada motor trail Anda.

Nah sementara itu, bagi Anda yang memiliki motor trail special engine yang biasanya digunakan untuk lomba. Jangan nekat untuk mengendarai motor trail Anda di jalan raya ya. Bukan saja melanggar peraturan tapi juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Motor trail jenis ini, bukan saja tidak memiliki surat-surat tapi juga tidak memiliki kelengkapan berkendara yang sesuai peraturan.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono mengatakan Polda Metro Jaya akan memasang rambu atau pelang tanda dimulainya Operasi Zebra Jaya di titik-titik operasi. Rambu tersebut dipasang sekitar 100 meter dari titik operasi. Pemasangan rambu bertujuan untuk memberi petunjuk kepada para pengendara terkait Operasi Zebra Jaya sehingga mereka mengurangi laju kendaraan, bukan untuk tadi Anda untuk melawan arah dan kabur dari razia ya.

Nah jadi jangan lupa ya untuk membawa surat-surat untuk berkendara, dan pastikan bahwa motor trail Anda memiliki kelengkapakan yang sesuai peraturan. Jangan lupa juga untuk menggunakan helm sesuai standar SNI.

Image credit : breakingnews.co.di

comments

`