caption trialgame

Optimal Bersihkan Rantai Motor Trail!

Wednesday, 10 August 2022

Optimal Bersihkan Rantai Motor Trail!


Percayalah bahwa cara membersihkan rantai motor trail tidak sulit. Anda hanya perlu mengetahui tips serta memiliki niat untuk melakukannya. Sayangnya, banyak dari yang masih meremehkan perawatan terhadap rantai motor. Kebanyakan baru terpikir tentang komponen ini ketika mendapati masalah. Padahal ratai motor harus selalu dirawat supaya kondisinya selalu prima.

Rantai yang tidak terawat bakal mengalami beragam masalah seperti, rantai kendur, mengeluarkan bunyi, kotor, lepas hingga macet. Rantai motor memiliki potensi untuk cepat kotor karena terpapar oli mesin (dari gear depan), debu, dan air di jalanan. Salah satu ciri rantai kotor yang paling mudah dilihat adalah perubahan warnanya. Rantai yang pada awalnya berwarna silver berubah menjadi hitam karena banyaknya kotoran yang terakumulasi.

Setiap komponen sepeda motor memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Artinya, semua komponen itu penting meskipun hanya bagian kecil dari motor. Motor Anda tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika semua komponennya tidak berada dalam kondisi terbaik. Nah kami akan berikan tips mudah untuk membersihkan rantai melalui artikel ini jadi simak bersama yuk.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memanaskan rantai. Mungkin terdengar aneh, tapi rantai motor butuh dipanaskan sebelum dibersihkan. Anda bisa melakukannya dengan mengendarainya keliling kompleks atau cukup posisikan motor dengan standar tengah, nyalakan, masukkan perseneling, dan gas seperlunya sampai roda belakang berputar selama beberapa menit. Rantai yang sudah dipanaskan seperti ini akan lebih mudah dibersihkan.

Lalu cara membersihkan rantai motor selanjutnya, telanjangi rantai. Maksudnya, jika motor memiliki penutup rantai atau memiliki aksesoris apapun yang menutup rantai, sebaiknya dicopot dulu saja semua sebelum dibersihkan.  Kemudian pasang kardus di sekitar rantai. Kardus ini berfungsi untuk melindungi komponen lain agar tidak terkena semprotan atau kotoran dari rantai.

Pakai sarung tangan dan mulai semprotkan air secara merata dari semua sisi. Ini berfungsi untuk merontokkan kotoran-kotoran besar seperti tanah atau bahkan kerikil kecil. Diamkan sebentar dan kemudian mulai bersihkan bagian yang masih sangat kotor menggunakan sikat gigi bekas dan cairan pembersih rantai motor. Pastikan semua kotoran terangkat dalam proses ini. Anda  mungkin harus menyikat dari berbagai sisi agar benar-benar bersih.

Setelah yakin rantai telah  bersih dari semua kotoran, basuh menggunakan air dan lap. Di proses ini, rantai motor Anda harusnya sudah terlihat bersih dan kembali ke warna aslinya.  Belum selesai di sana, selanjutnya harus kasih chain lube atau pelumas rantai.  Semprotkan cairan tersebut secara merata hingga semua bagian terlindungi. Terakhir, Anda bisa pasang kembali penutup rantai dan aksesoris lainnya. Mudah bukan?

comments

`