caption trialgame

Pahami Kondisi Ban Agar Nyaman Berkendara!

Monday, 8 August 2022

Pahami Kondisi Ban Agar Nyaman Berkendara!


Peran ban pada motor trail sangatlah penting, selain menjadi penggerak sepeda motor, ban memiliki beragam fungsi penting lainnya seperti menopang berat motor, mendukung kestabilan saat berkendara melewati berbagai medan jalanan, serta membantu daya cengkraman ke aspal saat pengereman.

?Mengingat pentingnya peran ban, Anda perlu memperhatikan dan merawat ban motor trail sebelum digunakan untuk menghindari risiko yang dapat ditimbulkan dari kelalaian merawatnya. Nah yang pertama tentu saja adalah memeriksa tampilan luar ban.  Jika ada keretakan, sobek, kerusakan karena benda asing, atau bergelombang, segera lakukan pergantian ban ke bengkel resmi atau terpercaya.

?Kemudian pastikan usia ban Anda. Pada umumnya usia ban dapat mencapai 5 tahun, namun Anda tetap harus memperhatikan kondisi ban, apalagi jika pengendara aktif dan rutin menggunakan motor trail untuk trabasan. Selain memastikan tampilan luar ban bebas dari keretakan, Anda dapat melihat umur ban dari kode produksi yang terdapat pada bagian samping ban sepeda motor. Terdiri dari? kode 4 digit melihat tahun dan minggu pembuatan.  Misalnya pada ban Anda terdapat kode 0422, artinya ban tersebut dibuat di minggu ke 4 atau bulan Januari tahun 2022.

Ban mempunyai indikator untuk menunjukkan keausan alur ban (TWI =Tread Wear Indicator) dengan penanda segitiga “?” pada dinding samping ban. Jika salah satu indikator keausan terlihat di permukaan, maka alur ban hampir tidak dapat berfungsi drainase dalam cuaca hujan. Dalam hal ini, pastikan untuk mengganti ban.

Oh iya jangan lupa untuk memeriksa tekanan udara juga ya. Memeriksa tekanan udara ban dapat dilakukan dalam kondisi dingin dengan menggunakan alat cek tekanan ban (tire pressure gauge). Pastikan tekanan angin ban sesuai ukuran dan tipe sepeda motor yang terdapat pada buku panduan pemilik. Tekanan udara ban yang ideal akan menjaga kestabilan dan kenyamanan, khususnya saat kecepatan tinggi dan belokan, serta mengurangi usia ban.

Selalu gunakan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menghindari penurunan performa sepeda motor yang dapat menimbulkan risiko berkendara. Dan pastikan untuk selalu membawa beban sesuai dengan kapasitas ban ya.

comments

`